6 Desember 2021

Disnakertrans Kalsel Gelar Pemagangan Dalam Negeri

2 min read

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah, saat memberikan sambutan

BANJARMASIN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan pemagangan dalam negeri tahun 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah, kepada wartawan pada Senin (7/6) menjelaskan, program pemagangan dalam negeri tahun 2021, berbasis online dan offline. Serta untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas para pencari kerja. Kurikulum pemagangan dalam negeri dibuat oleh perusahaan sebagai pelaksana, dan mengacu pada kompetensi yang sesuai dengan keperluan perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah, saat memberikan komentarnya

“Kegiatan ini diikuti 250 peserta dari 23 perusahaan di 6 kabupaten dan kota yang turut berpartisipasi,” ucapnya.

Siswansyah menjelaskan, program pemagangan dalam negeri, meliputi teori dan praktik simulasi selama 160 jam pelatihan atau setara 1 bulan pelatihan oleh instruktur perusahaan. Serta praktik kerja di unit produksi perusahaan selama 4 bulan yang dibimbing karyawan berpengalaman. Bagi para peserta memiliki kompetensi, nanti akan direkrut di perusahaan bersangkutan untuk menjadi karyawan.

“Kita ingin seluruh peserta benar-benar mengikuti pemagangan dalam negeri ini, dan tentu harus ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes), karena masih dalam masa pandemi COVID-19,” katanya.

Lebih lanjut Siswansyah menambahkan, program pemagangan dalam negeri ini, akan dapat terus berlanjut hingga tahun berikutnya, karena sangat membantu untuk mengurangi angka pengangguran, dalam bentuk menciptakan tenaga kerja yang siap pakai, baik bagi dunia usaha maupun dunia industri.

“Program ini sangat tepat, para peserta yang sudah memiliki kemampuan, tidak ingin bekerja di perusahaan, namun memilih menjadi wirausaha baru, hal itu tentu akan mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan angka pengangguran,” tutupnya.

Foto bersama dengan perwakilan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten dan Kota

Untuk diketahui, pemagangan dalam negeri tahun 2021 berbasis online dan offline, yang diselenggarakan pada salah satu hotel Banjarmasin ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah,  dihadiri secara daring oleh Direktur Bina Penyelenggaraan Pemagangan Ditjen Kementerian Ketenagakerjaan RI. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?