2 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispar Kalsel Siap Gelar Tour De Loksado Dengan Prokes Ketat

2 min read

Kadis Pariwisata Kalsel, saat memaparkan tour de Loksado 2021 di hadapan Pj Gubernur Kalsel

BANJARBARU – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, akan kembali menggelar event sport tourism Tour de Lokasado tahun 2021.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin, Rabu (2/6), Tour de Loksado merupakan event ketiga digelar, setelah tahun 2018 dan 2019 lalu, kemudian tahun 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19. Namun tahun 2021 ini rencananya dilanjutkan lagi, semua tahapan kegiatan dirancang dengan cara menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat,  dan jauh dari pemukiman warga untuk menghindari kerumunan. Event tour sepeda terbesar di Kalsel nantinya akan dibagi menjadi event Kompetisi KOM (king of Mountain) QOM (Queen of Mountain) khusus bagi sepeda Road Bike, diselenggarakan dengan memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan (CHSE) dalam konsep hybrid, kombinasi antara offline dan online

“Kami ingin kegiatan pariwisata dipadukan  olahraga dengan tujuan mempromosikan tempat wisata Loksado, agar para peserta mendapat informasi tentang potensi dalam perkembangan wisata, dan memberikan informasi daya tarik melalui pengalaman maupun aktivitas dimedia sosial,” ucapnya.

Syarifuddin menjelaskan, dalam Tour de Lokasado tahun 2021 diagendakan pada Kamis (17/6) mendatang, dalam kegiatan dibatasi jumlah peserta hanya 255 orang.

Panitia lomba akan memilih pemenang kategori pria dan wanita semua usia, pria usia 16 – 25 tahun, usia 26 – 35 tahun, usia 36 – 40 tahun, usia 41 – 45, dan usia 46 ke atas. Pengumuman pemenang doorprize dilakukan virtual dan disiarkan secara live melalui media sosial.

“Dalam rangkaian kegiatan, juga digelar lomba foto dan video wonderfull loksado, untuk mempromosikan keindahan dan pesona Loksado, dengan tujuan mendorong masyarakat berperan aktif dan memberikan mengapresiasi yang terlibat dalam kompetisi lomba,” katanya panjang lebar.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA menilai, Tour de Loksado tahun 2021 adalah kegiatan Sport Tourism, salah satu event yang dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata Kalsel. Dirinya berharap pihak panitia melaporkan rencana kegiatan ke Kementerian terkait, bahkan lebih baik lagi mengundang menteri yang bersangkutan agar ikut dalam kegiatan tersebut.

“Sebelum dilaunching, simulasi dulu minimal 50 orang, supaya supaya kita tahu gambarannya, prokes dipenuhi atau tidak, kemudian panitia melakukan tes cepat antigen sendiri, bukan peserta yang diharuskan membawa bukti tes (tes mandiri), ditambah aplikasinya,” tutup Syafrizal.

Untuk diketahui, Tour de Lokasado tahun 2021, akan menyediakan hadiah bagi pemenang lomba foto 1 akan mendapat uang sebesar Rp 5 juta, juara 2 Rp 3,5 juta dan juara 3 dan Rp 2 juta. Sedangkan untuk pemenang lomba video juara 1 akan memperoleh Rp6 juta, juara 2 sebesar Rp5 dan juara 3 Rp4 juta. Selain itu hadiah lain disediakan berupa dua unit sepeda motor, 3 unit sepeda full set, 4 unit sepeda lipat, tv, smartphone, kipas angin, dispenser, dan rice cooker, 6 unit tas sepeda, serta 6 unit helm. (BIRO.ADPIM-NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.