6 Desember 2021

DPRD Banjarmasin Rencanakan Usul Tiga Raperda

1 min read

Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin Arufah Arif, saat memberikan komentarnya

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, telah merencanakan usulan tiga buah rancangan peraturan daerah (raperda), melalui rapat paripurna, pada Senin (31/5) mendatang.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Banjarmasin, Arufah Arif kepada wartawan pada Jumat (28/5) mengatakan, ketiga buah rancangan peraturan daerah (raperda), satu inisiatif Dewan tentang revisi perda Nomor 13 tahun 2008 pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran atau pemadam kebakaran (Damkar), kemudian revisi peraturan daerah perubahan susunan organisasi tata kerja (SOTK) dan raperda pajak daerah.

“Sebelumnya untuk perda revisi damkar, sudah masuk program legislasi daerah (Prolegda) DPRD Banjarmasin pada tahun 2020 lalu, namun terkendala belum ada Wali Kota Banjarmasin definitif,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Banjarmasin, Iwan Ristianto, menurutnya, setiap usulan pembentukan Pansus harus ke Kementerian Dalam Negeri, dan ditandatangani Wali Kota definitif. Saat ini draf revisi perda nomor 13 tahun 2008 pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran atau pemadam kebakaran (Damkar) sudah dilakukan uji publik.

Plt Sekwan Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto

“Dengan masih belum ada Wali Kota definitif, revisi perda Damkar, belum bisa dilakukan pembahasan,” katanya.

Lebih lanjut Iwan menyampaikan, untuk revisi peraturan daerah perubahan susunan organisasi tata kerja (SOTK), sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR), menjadi satu dengan bidang sungai dan drainase, namun akan dibagi menjadi Dinas Sungai dan Drainase. Kemudian  Satuan Polisi Pamong Praja bergabung dengan pemadam kebakaran (Damkar), selanjutnya akan dibagi tersendiri dinasnya masing-masing.

“Ini baru usulan dibahas bersama-sama, untuk persetujuan nanti tergantung komunikasi antar Pemko dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?