28 November 2021

BLK Kalsel Diharapkan Latih 1000 Orang Tiap Tahun

2 min read

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M. Syaripuddin.

BANJARMASIN – Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan melatih 1000 orang setiap tahun. Harapan itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syaripuddin kepada wartawan, Kamis (27/5).

“Sebanyak seribu orang tersebut sudah barang tentu dengan target dan sasaran yang tepat. Selain itu, pelatihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan di Banua (daerah sendiri),” katanya.

Wakil Rakyat yang akrab disapa Bang Dhin ini juga berharap, pelatihan dari BLK harus melalui tahap telaahan lebih lanjut, apa yang memang sedang menjadi kebutuhan Kalimantan Selatan sehingga hasilnya dapat digunakan peserta pelatihan untuk mencari atau membuka lapangan pekerja.

“Untuk itu, saya akan bantu fasilitasi mencarikan anggaran tambahan sesuai dengan tugas dan fungsi saya,” tegasnya.

BLK Kalimantan Selatan membuka pelatihan untuk para pencari kerja di Banua dalam rangka memberikan keterampilan kerja, sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Pelatihan di BLK itu sendiri mempunyai 11 kejuruan dan bisa melakukan pilihan yaitu administrasi perkantoran, teknik komputer jaringan, desain grafis, tata boga/perhotelan, serta operator menjahit pakaian dasar.

Selain itu, servis sepeda motor/kendaraan bermotor roda dua, teknik AC Mobil & servis ringan mobil, las industri SMAW 3G, operator mesin bubut, teknik refrigator dan otomasi elektronika.

Bang Dhin mengapresiasi dan menyambut positif program BLK Kalsel di Banjarbaru tersebut.

“Pelatihan keterampilan memang sangat perlu kita lakukan, agar masyarakat kita bisa lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan ketat di dunia kerja,” katanya.

Akan tetapi, ia memaklumi bahwa BLK juga mengalami recofusing (pemangkasan) anggaran, termasuk tahun ini (2021). Untuk itu, Bang Dhin berkomitmen akan berkordinasi ke Kementerian Tenaga Kerja agar ada penambahan alokasi dana pusat terhadap BLK Kalimantan Selatan. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?