1 Desember 2021

Akibat Refocusing, DKP Kalsel Hanya Bisa Transplantasi Terumbu Karang 2 Ha

1 min read

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinsi Kalsel, Rusdi Hartono.

BANJARBARU – Dengan adanya Pandemi COVID-19 yang melanda wilayah Kalimantan Selatan selama 2 tahun terakhir, membuat sejumlah anggaran beberapa instansi di provinsi Kalsel dialihfungsikan (refocusing) untuk keperluan penanganan pandemi covid-19, salah satunya Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel yang mengakibatkan ditahun 2021 ini pihaknya hanya bisa melakukan transplantasi terumbu karang seluar kurang lebih 2 hektar. Transplantasi terumbu karang bertujuan untuk memperbanyak terumbu karang, mengingat Kerusakan terumbu karang di Kalsel.

Pada Selasa (25/5) lalu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinsi Kalsel Rusdi Hartono menyampaikan, kondisi ekosistem Terumbu Karang di Kalimantan Selatan selama 2 tahun ini semakin memburuk. Tercatat dari sejak tahun 2018 – 2020, kerusakan ekosistem terumbu karang di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru mengalami perluasan.

“Kondisi riskan ini memang telah dirasa sejak lama, kami pun setiap tahun terus berupaya melaksanakan transplantasi karang secara berkala untuk memulihkan ekosistem terumbu karang di Kalsel,” ucap Rusdi.

Dilanjutkan Rusdi, masalah utama Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Kalsel dalam rangka upaya memulihkan terumbu karang yang juga sebagai rumah para ikan terhalang adanya keterbatasan anggaran.

“Tahun ini saja kita hanya bisa melakukan transplantasi terumbu karang yang luasnya kurang lebih 2 hektar, karena ada refokusing dana lagi,” tutup Rusdi. (MRF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?