6 Desember 2021

Usulan Telah Diterima, SOTK Tinggal Tunggu Kemendagri RI

2 min read

Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel, Gusti Rahmat.

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Salah satunya tentang perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Perubahan susunan SOTK tersebut perlu dilakukan agar setiap dinas dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif serta lebih produktif untuk kepentingan pembangunan di Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel Gusti Rahmat mengungkapkan untuk perubahan itu Pemprov Kalsel telah melakukan diskusi khusus dengan Komisi I DPRD Kalsel terkait perubahan SOTK.

“Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan Komisi I, sekaligus berdiskusi dan mendapatkan apresiasi pihaknya dan tinggal persetujuan dari Kemendagri RI,” ungkapnya beberapa waktu yang lalu.

Gusti menyebutkan, adapun dinas yang akan dipisahkan adalah Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil dan KB). Dimana, Dinas tersebut akan memisahkan kedudukan Keluarga Berencana dan menyerahkan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Ini juga sudah dibahas bersama dengan Komisi I DPRD Kalsel beserta dengan instansi terkait,” ucapnya.

Selain DP3A dan Disdukcapil Kalsel, dia membeberkan penyesuaian nomenklatur di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan Badan Penelitian dan Pengambangan Daerah (Balitbangda) juga bakal terjadi.

“Itu rencananya juga akan digabung dan OPD khusus penelitian rencananya akan dijadikan bidang saja dengan tipologi A,” bebernya.

Dari empat OPD yang bakal mempunyai tugas dan fungsi baru itu, ia menuturkan, akan diusulkan lagi ke Kemendagri RI apabila seluruh persyaratan dan administrasinya telah dinyatakan lengkap.

“Semoga nanti bisa disetujui oleh pemerintah pusat. Mengingat, perubahan SOTK ini sudah sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang digarap dan dijalankan, tinggal satu tahap lagi,” paparnya.

Selanjutnya dia menegaskan untuk perubahan nomenklatur kepada sejumlah SKPD itu dipastikan bakal selesai tahun ini. Sehingga, tinggal menunggu pelantikan pejabat struktural yang memegang instansi dilingkup tersebut.

“Tahun ini kami SOTKnya dipastikan selesai. Setelah itu, baru pelantikan pejabatnya di OPD itu,” ucapnya.

Sementara itu dilingkup Dinas ESDM Kalsel, Gusti Rahmat menyampaikan masih dalam tahap koordinasi dengan Kementerian ESDM RI untuk penyesuaian lingkup bidang kinerjanya. Diharapkan instansi tersebut, bisa melakukan aktivitas sesuai dengan pekerjaannya yang baru.

“Dinas ini masih dipertahankan dengan tipologi A. Kedepan, kami bisa berkoordinasi lagi dengan pihak pusat untuk bisa segera mengetahui tupoksinya yang baru sesuai harapan,” pungkasnya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?