1 Desember 2021

Tingkatkan Nilai IDI Kalsel, DPRD Kalsel Komparasi ke Badan Kesbangpol Kalteng

2 min read

PALANGKARAYA – Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) adalah indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. IDI di Kalimantan Selatan tahun 2019 mencapai 79,47 dalam skala indeks 0 – 100. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan IDI 2018 yang capaiannya sebesar 79,92. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat demokrasi di Kalimantan Selatan masih berada pada kategori “sedang” dari tiga kategori baik, sedang, dan buruk.

Oleh sebab itu Komisi I DPRD Kalimantan Selatan melaksanakan komparasi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi kalimantan Tengah yang nilai IDI-nya mengalami peningkatan sebesar 9.89 point, Senin (24/5).

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Rachmah Norlias mengatakan berkaitan dengan hal itu, kelemahan di Kalimantan Selatan dikarenakan kurangnya partisipasi politik dalam pengawasan. Ia mengungkapkan variabel yang mengalami penurunan diantaranya Kebebasan Berkumpul Berserikat, Peran Partai Politik, dan Pemilu yang Bebas dan Adil di mana penurunannya masing sebesar 76,56 poin, 38,57 poin, dan 17,69 poin.

“Untuk mengatasi hal itu, kekurangannya akan kita bagikan rekomendasi ke pihak eksekutif agar bersama-sama bisa meningkatkan IDI Kalsel ini. Jadi tidak hanya DPRD, karena ini kerja bersama antara eksekutif dan legislatif,” jelasnya.

Selain itu, Rachmah juga berharap angka-angka indikator yang masih berada di bawah 79 bisa meningkat menjadi 100, kategori “baik”.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Suripno Sumas menambahkan peranan DPRD sangat penting untuk menjadi salah satu penunjang peningkat peringkat IDI Kalimantan Selatan.

“Salah satu indikator dalam meningkatkan peringkat IDI Kalsel adalah dokumentasi yang lengkap,” ungkapnya.

Suasana Studi Komparasi Komisi I DPRD Kalsel ke Badan Kesbangpol Kalteng.

Saat ditemui di akhir kegiatan, Kepala Badan Kesbangpol Kalimantan Tengah, Agus Pramono mengatakan Kalteng dalam satu tahun bisa naik sepuluh point yang semula urutan 15 sekarang urutan 5.

“Banyak hal yang telah dilakukan, salah satunya kita selalu melakukan evaluasi untuk peningkatan IDI,” jelasnya. (DPRDKALSEL-NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?