6 Desember 2021

Telah Terakreditasi KAN, Laboratorium Bahan Konstruksi Kalsel Miliki Tiga Layanan Unggulan

2 min read

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Laboratorium Bahan Konstruksi Provinsi Kalsel, Gusnawansyah.

BANJARMASIN – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan memiliki tiga layanan unggulan yaitu pengujian kualitas bahan konstruksi, kualitas air dan pengujian struktur konstruksi.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPTD Laboratorium Bahan Konstruksi Kalimantan Selatan, Nasrullah melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha Gusnawansyah kepada wartawan, Senin (24/5).

Gusnawansyah mengatakan pengujian laboratorium bahan konstruksi merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan handal. Untuk itu Laboratorium Bahan konstruksi merupakan instrumen utama dalam pengendalian mutu.

“Tujuan dari Laboratorium Bahan Konstruksi adalah menyediakan pelayanan jasa pengujian laboratorium untuk pengujian kualitas bahan konstruksi, kualitas air dan pengujian struktur konstruksi. Manfaatnya adalah memberikan kepastian kualitas atas bahan yang digunakan untuk kegiatan pembagunan infrastruktur, desain campuran, kualitas air dan pengujian atas kualitas struktur konstruksi yang akan dibagun nantinya,” katanya.

Sedangkan layanan yang ada pada Laboratorium Bahan Konstruksi meliputi pertama, pengujian bahan bangunan yaitu melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan.

Kedua, pengujian tanah dan batuan yaitu melaksanakan pengujian tanah dan material batuan yang berkaitan dengan daya dukung tanah untuk pondasi bangunan dan struktur jalan.

Ketiga, pengujian air yaitu melaksanakan pengujian kualitas air dan air limbah lingkungan maupun pabrik dan keempat, pengujian lapangan yaitu melaksanakan pengujian atas struktur konstruksi di lapangan seperti Hummer test, Core drill, dan sondir.

Oleh karena itu, setiap proyek pembangunan infrastruktur yang ada di Dinas PUPR maupun SKPD lain wajib untuk melakukan pengujian Laboratorium Bahan Konstruksi untuk memastikan kualitas bahan konstruksi yang akan dibangun.

“Jadi diharapkan semua proyek infrastruktur wajib melakukan pengujian Laboratorium Bahan Konstruksi. Apalagi kami pada 19 Februari 2020 lalu telah ditetapkan status Akreditasinya oleh Komite Akreditasi Nasional sebagai Laboratorium Pengujian dengan Nomor LPK LP-1376-IDN,” jelasnya.

Untuk diketahui, jam pelayanan Laboratorium Bahan Konstruksi dari hari Senin – Jumat dimulai jam 08.00 – 16.00 WITA. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?