28 November 2021

Pendaftaran Produk Pelaku IKM Kalsel di eSmartIKM Terkendala Beberapa Perizinan

2 min read

BANJARBARU – Pada 2020 yang lalu, pemerintah pusat gencar mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) Untuk menjual produk olahan mereka melalui sistem online dengan melalui Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Kalsel pun pada tahun 2020 melalui Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel turut mensosialisasikan keuntungan-keuntaungan yang didapat pelaku UMKM dan IKM saat ikut serta menjual produk pada Gernas BBI, namun pada tahun 2021 ini, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni mengungkapkan bahwa pelaku UMKM dan IKM Kalsel mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka dalam Gernas BBI.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Disperin provinsi Kalsel Mahyuni mengungkapkan, Izin-izin usaha menjadi salah satu kendala bagi pelaku IKM dan UKM dalam memasarkan produk mereka.

Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel, Mahyuni.

“Kendala kita pertama disektor IKM Pangan (makanan dan minuman) yang belum memiliki Register izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) mencapai 18.000. Kendala kedua adalah beberapa produk olahan IKM yang dimuat di Gernas BBI diwajibkan memiliki izin makanan dalam negeri (MD). Sehingga mereka tidak bisa berjualan melalui Program eSmartIKM,” ungkap Mahyuni.

Dilanjutkan Mahyuni, dengan tidak adanya izin-izin yang disebutkan diatas, maka otomatis saat pelaku IKM dan UMKM mendaftarkan produk mereka melalui esmartikm.id akan otomatis digugurkan oleh tim kurator.

“Mereka tidak bisa berjualan, karena sangat banyak yang belum mempunyai izin PIRT dan MD ini,” lanjut Mahyuni.

Mahyuni menambahkan, ia mengharapkan kepada Dinas-dinas terkait untuk membantu pelaku IKM dan UMKM dalam mendapatkan sertifikat izin PIRT dan MD.

“Sertifikat Izin PIRT dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota. Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota diharapkan dapat mempercepat dan memfasilitasi pembuatan sertifikat PIRT untuk pelaku IKM,” tutup Mahyuni. (MRF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?