6 Desember 2021

2023 Mendatang, Sertifikat Halal Wajib Dimiliki Pelaku UMKM

1 min read

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Mahyuni.

BANJARBARU – Sertifikat halal merupakan sertifikat yang bisa didapatkan para pelaku UMKM sektor pangan untuk meyakinkan konsumen terkait produk yang mereka jual, ditahun 2021 ini sertifikat halal tidak wajib dimiliki para pelaku UMKM, namun ditahun 2023 mendatanf sertifikat ini wajib dimiliki pelaku UMKM sektor pangan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni Kepada Abdi Persada FM, belum lama tadi. Disampaikan Mahyuni pada November 2023 pelaku UMKM sektor pangan (Makanan dan minuman) wajib memiliki sertifikat halal disemua produk mereka.

“Kalau peraturannya tidak berubah, karena sudah diberi Pemerintah Pusat waktu selama 4 tahun terhitung sejak 2019 untuk pembuatan sertifikat ini,” ungkap Mahyuni.

Mahyuni melanjutkan, berbeda dengan pelaku UMKM, pelaku Industi besar sudah wajib memiliki sertifikat halal disat mereka memasarkan produk mereka pertama kali.

“Kalau Industri besar, mereka tidak bisa berjualan kalau tidak memiliki sertifikat Halal, kalau Industri kecil menengah diberi waktu  tahun untuk mengurus pembuatannya,” lanjut Mahyuni.

Diungkapkan Mahyuni, pemberian sertifikat Halal merupakan kewenangan tunggal lembaga pengkajian pangan obat-obatan dan kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI).

“Dengan Peraturan Pemerintah yang baru, Kami dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel berencana mendirikan lembaga penjamin halal (LPH), untuk membantu pelaku UMKM dan IKM dalam mendapatkan sertifikat Halal,” tutup Mahyuni. (MRF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?