1 Desember 2021

Setwan Banjarmasin Luncurkan Aplikasi SI IWAK PEDA

2 min read

Kabag Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, Ari Yani

BANJARMASIN – Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin meluncurkan inovasi TI (Teknologi Informasi), untuk memudahkan dokumentasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin, dengan cara membuat Aplikasi berbasis Web Online.

Menurut Kabag Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin Ari Yani kepada wartawan pada Senin (24/5),  aplikasi online ini memuat database Peraturan Daerah Kota Banjarmasin, yang bertujuan pembuatan untuk memudahkan dalam pencarian dokumen peraturan daerah agar dapat diakses sewaktu-waktu, kapanpun dan dimana saja, selama ada jaringan internet.

“Aplikasi ini dinamakan SI IWAK PEDA yaitu kepanjangan dari Sistem Informasi Wadah Andakan Peraturan Derah, Pembuatan aplikasi diinisiasi Bagian Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Peluncuran aplikasi SI IWAK PEDA

Ari Yani menjelaskan, pembuatan aplikasi ini dilatar belakangi, sulitnya mengakses dan pencarian data base Peraturan Daerah pada saat tidak sedang berada di Kantor Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, atau tidak sedang membawa hard copy dokumen Peraturan Daerah yang diperlukan, sehingga dengan adanya aplikasi itu memudahkan bagi pihak yang berkepentingan dengan dokumen Peraturan Daerah tersebut. 

“Kita ingin manfaat aplikasi SI IWAK PEDA, pada saat rapat anggota DPRD Kota Banjarmasin, mulai dari rapat dengar pendapat dengan SKPD terkait, kemudian rapat dalam pembahasan peraturan daerah, cukup dengan mengakses link web Aplikasi SI IWAK PEDA, maka Perda yang diinginkan akan dapat diakses dengan cepat,” katanya panjang lebar.

Hal senada disampaikan Plt Sekwan Iwan Ristianto, dengan adanya aplikasi SI IWAK PEDA, akan memudahkan Sekretariat dalam pendokumentasian peraturan daerah Kota Banjarmasin, dan juga dokumentasi raperda usul inisiatif DPRD Kota Banjarmasin semua terhimpun di aplikasi ini juga sebagai sarana dalam memfasilitasi Tupoksi DPRD.

Plt Sekwan DPRD Banjarmasin, Iwan Ristianto

“Kami ingin Aplikasi SI IWAK PEDA menjadi sarana yang memudahkan masyarakat, dalam mencari peraturan daerah Kota Banjarmasin, dan jika masyarakat langsung datang ke Kantor Sekretariat DPRD bisa langsung memprint dokumen perda apa yang diinginkannya dan diperlukannya, dengan demikian aplikasi ini akan kita kembangkan lebih baik lagi,” tutupnya.

Untuk diketahui, inovasi DPRD Kota Banjarmasin berupa Aplikasi SI IWAK PEDA ini mendapat dukungan khusus dari Pj. Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya, Plh. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Mukhyar, Plt. Asisten Bidang Pemerintahan, Dolly Syahbana dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, Lukman Fadlun. (DPRD.BJM-NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?