6 Desember 2021

Persediaan Ikan Provinsi Kalimantan Selatan Dibulan Mei Mengalami Surflus

1 min read

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Muhammad Fadheli

BANJARBARU – Ketersediaan bahan pangan merupakan salah satu ketersediaan pokok yang harus dipenuhi Pemerintah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, salah satunya ketersediaan pangan jenis Ikan. Dengan luasnya Lautan Daerah Kalsel, maka ketersediaan Ikan Mei ini pun mengalami Surflus (berlebihan).

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Muhammad Fadheli, belum lama tadi. Disampaikan Fadheli, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalsel, ditargetkan sebesar 55,20 Kg ikan dikonsumsi masyarakat, dan pendapatan ikan di daerah ini pun mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Ketersediaan ikan kita mengalami surflus, Karena kita mempunyai pasokan dibulan Mei sebesar sebesar 133 Ribu kilogram lebih, dan  kebutuhan penggunaan Masyarakat hanya sebesar 99 Ribu kilogram, dari data ini maka bisa disebut surplus,” ungkap Fadheli.

Ditambahkan Fadheli, Karena hasil budidaya dan tangkapan ikan Surplus, Maka selain dikonsumsi masyarakat dan untuk persediaan. Ikan juga akan diekspor dan diolah menjadi bahan pangan maupun non pangan.

“Dengan begini, ketersedian pangan dalam hal ini pasokan ikan di Kalsel aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kenaikan harga ikan,” tutup Fadheli. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?