6 Desember 2021

Optimalisasi Peran, Badan Penghubung Diharapkan Tingkatkan Inovasi dan Kreasi

2 min read

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M. Syaripuddin

JAKARTA – Salah satu fungsi Badan Penghubung adalah pelaksanaan kegiatan promosi dan penyebaran informasi potensi daerah. Hal ini tercantum dalam Pasal 2 ayat (2) Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 53 Tahun 2017 tentang Tupoksi dan Uraian Tugas Badan Penghubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan.

Melihat itu, maka peran Badan Penghubung sangat strategis sebagai lembaga promosi daerah, termasuk didalamnya potensi meningkatkan optimalisasi sektor pariwiswata dan investasi.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Muhammad Syaripuddin memandang perlu dilakukan optimalisasi yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan manca negara ke daerah Kalimantan Selatan.

“Peran badan penghubung amat strategis, untuk itu Badan Penghubung harus mampu menjadi miniatur Kalsel” kata Wakil Rakyat yang akrab disapa Bang Dhin ini ketika mendampingi Komisi I DPRD Kalsel berkunjung ke Badan Penghubung Pemprov Kalimantan Selatan di Jakarta, Senin (24/5).

Optimalisasi tugas dan fungsi promosi daerah tersebut harus proaktif, dengan cara melakukan kordinasi dan komunikasi  dengan lembaga terkait.

“Badan Penghubung dapat berkoordinasi dan komunikasi dengan Kementerian terkait Pariwisata di pusat, dengan Dinas Pariwisata dan Disdikbud di Pemprov, terus berkolaborasi juga dengan Diskominfo berkenaan mengangkat pemberitaan. Kemudian setiap kegiatan jangan mainstream, gunakan platform digital yang sekarang digandrungi milenial sehingga sasaran promosi lebih luas dan semakin luas jangkauan semakin besar juga kemungkinan orang mengetahui tentang Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Wakil Rakyat yang akrab disapa Bang Dhin ini menambahkan bahwa penting juga untuk memasarkan produk daerah khas Kalimantan Selatan di Badan Penghubung dalam skala lebih luas. Selain memasarkan produk lokal dan obyek pariwisata, Badan Penghubung ini juga dapat menggaet dan mendatangkan investor sebanyak mungkin ke daerah Kalsel.

“Jika Badan Penghubung mampu berkreasi, maka bisa jadi pintu utama perayu investor untuk berinvestasi di Banua kita,” pungkasnya. (HUMASDPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?