6 Desember 2021

DPRD Kabupaten/Kota di Kalsel Diharapkan Tindaklanjuti Perda Inisiatif Dewan Provinsi

1 min read

BANJARMASIN – Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, Rachmah Norlias mengharapkan agar DPRD Kabupaten/Kota menindaklanjuti Perda inisiatif Dewan Provinsi.

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias

Harapan itu disampaikannya saat menerima konsultasi Komisi I DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (18/5).

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel I/Kota Banjarmasin itu mengatakan, cukup banyak Perda inisiatif Dewan provinsi yang memerlukan tindak lanjut oleh kabupaten/kota.

Sebagai contoh Perda tentang Budaya Banua dan Kearifan Lokal, Perda Pemberdayaan Desa Wisata, Perda Kepemudaan, serta Perda tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin di Kalsel.

“Jika Perda Provinsi bisa ditindaklanjuti di Kabupaten/Kota maka otomatis bisa jalan semuanya, dari provinsi ada pengaturannya, kemudian Kabupaten/Kota menindaklanjuti. Walaupun judul Perdanya tidak sama, yang pasti yang mengatur hal tersebut tetap ada,” jelasnya.

Mengenai penyebarluasan atau sosialisasi Perda (Sosper), Rachmah menyatakan, anggota DPRD Kalsel mendapat kesempatan tiap bulan satu kali terhitung sejak Januari 2021.

“Sedangkan Perda yang disosialisasikan anggota DPRD Kalsel pada umumnya berasal dari inisiatif. Untuk Perda dari ekskutif sosialisasinya mereka sendiri,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?