15 Juni 2021

Kalsel Peringati HUT ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI

1 min read

Pj gubernur Kalsel saat menaburkan bunga di makam pahlawan nasional Hasan Basri pada Senin. (17/05)

BANJARBARU – Penjabat Gubernur Kalsel,  Safrizal ZA, memimpin ziarah dan upacara penghormatan serta tabur bunga di makam pahlawan nasional Brigjend H Hasan Basri pada Senin, (17/5).

Ziarah dan upacara ini merupakan rangkaian peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Ketua DPRD Kalsel Supian HK beserta perwakilan anggota Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan, turut hadir dalam kegiatan ini. Selain itu, hadir pula Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar beserta sejumlah Kepala SKPD Provinsi Kalsel.

Kepada wartawan usai  acara, Safrizal ZA mengatakan, perlngatan HUT ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ini,  merupakan bentuk dukungan dan kekuatan dari daerah untuk proklamasi kemerdekaan RI, yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

“Dukungan tersebut perlu untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan Republik Indonesia yang saat itu baru saja terbentuk. Ini merupakan bagian daripada memperkokoh proklamasi Republik Indonesia yang disampaikan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel,” ujarnya.

Selain ziarah dan tabur bunga, peringatan juga diisi dengan penyerahan bingkisan atau tali asih kepada veteran Kalsel dan penjaga makam pahlawan secara simbolis.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Siti Nuriyani mengatakan, penerima bingkisan atau tali asih ada 12 orang veteran, 20 orang janda veteran, 1 orang janda perintis kemerdekaan dan 3 orang keluarga pahlawan nasional. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.