6 Desember 2021

YLKI Kalsel : Tolong, Revisi Edaran Penutupan Mal di Banjarbaru

2 min read

Ketua YLKI Kalsel, Fauzan Ramon saat (kanan)

BANJARBARU – Dukungan penuh hadir dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Kalimantan Selatan terhadap langkah pemerintah dalam menekan laju angka kasus COVID-19. Termasuk di kota Banjarbaru. Namun pihaknya menyayangkan langkah yang diambil pemerintah bersama unsur Forkopimda setempat yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor : 300/9/KUM/2021 tentang Penutupan Sementara Tempat Wisata, Jasa Hiburan dan Mal, yang mulai berlaku penutupannya pada 11 – 16 Mei 2021.

Keberatan ini disampaikan langsung oleh Ketua YLKI Kalsel, Fauzan Ramon kepada sejumlah wartawan, Selasa (11/5). Menurut Fauzan, penutupan sementara  Mal atau pusat perbelanjaan, dirasa kurang pas jika dilakukan menjelang lebaran, padahal momen inilah yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya pedagang.

“Saya sangat menyayangkan Wali Kota beserta jajaran Forkopimda tidak mempertimbangkan, dalam penutupan sementara ini. Contohnya di kota Banjarbaru ini tutupnya mulai hari ini (11/5). Coba kita bandingkan di kota Balikpapan, mereka tanggal 13. Begitu juga dengan kota Banjarmasin,  13 sampai 16,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini tidak sesuai dengan Undang-undang perlindungan konsumen Nomor 8 Tahun 1999.

“Kota Banjarbaru, apa dasar hukumnya menutup tanggal 11, sementara daerah lain tanggal 13?. Orang kalau yang punya restoran, bahan bakunya kan kalau sudah sampai satu minggu itu sudah kadaluarsa. Artinya dalam kebijakan yang dilakukan oleh Wali Kota Banjarbaru, itu sangat merugikan dari pelaku usaha dan konsumen,” ujarnya lagi.

Sehingga menurut Fauzan, kebijakan itu harus direvisi.

“Saya mintanya dibuka kembali tanggal 11 dan 12 ini.  Tanggal 13 barulah kebijakan ini diberlakukan. Sama seperti daerah lain. Jika tidak, saya siap untuk menerima aduan dan menjadi pengacara siapa saja pengusaha yang merasa dirugikan akan kebijakan ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Hasil kesepakatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarbaru dan untuk pencegahan serta meminimalisir penyebaran Corona Virus Discase (COVID-19), maka untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang dalam melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Libur Nasional, dilakukan penutupan sementara terhadap Tempat Wisata, Usaha Jasa Hiburan dan Mal di Kota Banjarbaru mulai tanggal 11 – 16 Mei 2021. (RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?