6 Desember 2021

Taman Budaya Kalsel Akan Gelar Lomba Secara Virtual

2 min read

Kepala UPTD Taman Budaya (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan Suharyanti

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, akan kembali menggelar tiga lomba secara virtual.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Suharyanti, kepada wartawan pada Senin (10/5), pagelaran lomba sebagai program ragam pesona budaya banjar, untuk kegiatan didukung dari dana alokasi khusus (DAK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tiga lomba diadakan lomba secara virtual,  yaitu lomba musik panting, lomba tari anak tingkat SD sederajat, dan lomba membaca puisi bahasa banjar.

“Lomba ini kami gelar tidak dipungut biaya, untuk periode upload video, dimulai pada 3 Mei hingga 25 Juni, dan pengumuman pemenang pada Rabu (30/6) mendatang,” ucapnya.

Suharyanti menjelaskan, untuk lomba musik panting sebagai lagu wajib ciptaan AW Sarbaini. Kemudian lagu pilihan lain berjudul Sultan Suriansyah dan Paris Berantai ciptaan Anang Ardiansyah, Dandin ciptaan Sultan Al Ayubi, selanjutnya Guna-guna Nikitak dan Taingat Kasih ciptaan AW Sarbaini, dan Parimata ciptaan Bakhtiar Sanderta, Dandaman Banua ciptaan Syarifuddin MS serta Karindangan ciptaan Yurniparni.

“Kita gelar untuk lomba tari anak tingkat SD sederajat, temanya permainan tradisional cinta lingkungan, dan lomba membaca puisi bahasa banjar, dengan tema budaya banua,” katanya.

Lebih lanjut Suharyanti menyampaikan, untuk jumlah peserta dari tiga lomba ini, diupayakan akan mencukupi dari keterwakilan di masing-masing tiga belas Kabupaten dan Kota, dengan harapan akan memberikan inovasi dan kreatifitas, dalam penampilan untuk memajukan seni di banua.

“Para pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat/piagam, dan uang tunai, masing masing juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp8 juta, juara 3 Rp6 juta. Kemudian untuk harapan 1 Rp5 juta, juara harapan 2 Rp4 juta dan juara favorit Rp3 juta,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?