15 Juni 2021

Kembali ke Rakyat Adalah Hakekat Dari Wakil Rakyat

3 min read

Foto bersama dengan warga Desa Sarang Tiung, Rt. 04, Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

KOTABARU – Setelah terpilih dan duduk di kursi DPRD provinsi Kalsel, diharapkan para wakil rakyat dari dapil masing-masing mampu menyempatkan diri untuk bertatap muka langsung dengan warga yang jadi pemilihnya dulu.

Menurut anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, saat melaksanakan reses di Desa Sarang Tiung, Pulau Laut Sigam, Kotabaru, Sabtu (7/5) siang. Ia menilai pada hakekatnya dan tupoksi anggota DPRD adalah melayani masyarakat serta menjaring aspirasi yang diamanahkan dari rakyat untuk rakyat.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi memberikan secara simbolis bingkisan takjil untuk berbuka puasa di Desa Sarang Tiung, Rt. 06, Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

“Semestinya demikian, kembali pererat silaturahmi ke masyarakat apa saja keluhan mereka disini, aspirasinya pun siap kita tampung,” ujarnya.

Disampaikan wakil rakyat yang duduk di Komisi II Dapil VI Kotabaru dan Tanah Bumbu dari fraksi Partai Golkar itu, kembali ke rakyat merupakan suatu kewajiban yang harus ditanamkan oleh setiap anggota DPRD.

“Siapa pun dia kalau sudah menjadi anggota DPRD. Menurut pribadi saya harusnya kembali ke Dapil masing-masing untuk mengetahui kondisi masyarakat yang mempercayakan amanah ini kepada kita,” paparnya.

Dalam reses yang digelar selama delapan hari berturut-turut itu, Yani Helmi selaku anggota DPRD ditingkat provinsi Kalsel mengungkapkan, apabila ada keluhan penting dari masyarakat khusus wilayah Kotabaru dan Tanah Bumbu maka dipersilahkan untuk mengeluarkan aspirasi yang ingin direalisasikan.

“Kalau ada sesuatu yang disampaikan silahkan, kami akan coba perjuangkan yang penting silaturrahminya ini tetap terjaga lebih baik,” katanya.

Ia menyatakan dalam kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh seluruh anggota DPRD ditingkat Kalsel itu, dari target 8 hari ada sekitar 16 titik yang berhasil dikunjungi.

“Alhamdulillah, selain konsepnya adalah safari Ramadan yang sekaligus sebagai ajang bersilaturahim. Reses tahun ini berjalan sesuai perencanaan dan matang,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kalsel, Yani Helmi.

Terlebih, Yani Helmi berujar, dari 16 titik desa/kelurahan selama 8 hari yang ia kunjungi merupakan wilayah Dapil yang memenangkan dirinya di kursi panas DPRD ditingkat provinsi.

“Mestinya kembali ya saya kembali. Yang pasti, saya tidak akan pernah melupakan kampung halaman yang memenangkan dimasa kampanye legislatif dulu,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Sarang Tiung, Abdul Mulud menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi karena telah memilih desanya dan berjuang untuk menjaring aspirasi dari masyarakat yang memilihnya sebagai wakil rakyat ditingkat provinsi.

Tokoh masyarakat Desa Sarang Tiung, Kotabaru, Abdul Mulud (tengah) menerima secara simbolis kegiatan bingkisan dalam kegiatan reses anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi

“Kami ucapkan sekali lagi terima kasih, karena paman Yani telah menepati janjinya untuk mengunjungi desa Sarang Tiung dan mendengarkan aspirasi warga disini,” ucap tokoh masyarakat Desa Sarang Tiung, Pulau Laut Sigam, Kotabaru yang akrab disapa Kakek Oyong itu.

Adapun dari total keseluruhan 16 titik desa/kelurahan yang berhasil dikunjungi selama 8 hari pelaksanaan reses pada ramadan 1442 H/2021, khusus Kabupaten Tanah Bumbu meliputi, satu Kelurahan Batulicin di Jalan Mutiara, dua Rt di Segumbang, satu RT di Desa Barokah, dua Rt di Rantau Panjang, satu Rt di Sarigadung dan Simpang Empat.

Sedangkan untuk Kabupaten Kotabaru diantaranya, yakni dua Rt di Desa Gunung Ulin, satu Rt di Desa Batuah, satu Rt di Desa Sungai Taib, satu Rt di Desa Tirawan dan tiga Rt di Desa Sarang Tiung. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.