8 Desember 2021

Jelang Idul Fitri, Labkes Kalsel Buka Layanan Sampai 11 Mei 2021

1 min read

Kepala Labkes Kalsel, Susi Hermina

BANJARMASIN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Selatan membuka layanan sampai hari Selasa (11/05). Kemudian akan buka kembali pada hari Sabtu (15/5) dengan jam operasional seperti hari biasa.

Hal itu disampaikan Kepala Labkes Provinsi Kalimantan Selatan, Susi Hermina kepada wartawan, diruang kerjanya, Kamis (6/5).

“Jadi kita mengikuti jadwal cuti bersama sesuai kebijakan pemerintah yaitu mulai 12 Mei 2021. Tetapi karena Labkes melaksanakan enam hari kerja sehingga pada hari Sabtu 15 Mei 2021, layanan medik akan dibuka kembali dengan jadwal semula dimulai jam 07.15 sampai 11.30 WITA untuk penerimaan sampel. Kemudian jam kerjanya sampai jam 15.00 WITA,” katanya.

Sedangkan layanan laboratorium lingkungan untuk mikrobiologi khusus parameter kultur dibatasi penerimaan sampel pada 10 Mei 2021.

“Untuk parameter kultur, kalau sampel masuk dan dikerjakan oleh analis. Kemudian diinkubasi selama lima hari. Jadi kami harus memperhitungkan,  jangan sampai analis bekerja pada saat libur hari Raya Idul Fitri. Sehingga khusus kultur, ada pembatasan penerimaan sampel terakhir pada 10 Mei 2021. Tetapi untuk parameter yang lain, kita tetap menerima sampel,” jelasnya.

Susi menambahkan untuk laboratorium kimia fisika, ada dua parameter yaitu uji Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) mulai 10 Mei 2021, tidak ada penerimaan sampel. Mengingat sampel yang masuk memerlukan inkubasi selama lima hari.

“Sedangkan untuk parameter yang lain tetap diterima dan dikerjakan sampai batas waktu kita normal kembali melakukan pelayanan. Jadi liburnya hanya tiga hari yaitu 12 sampai 14 Mei 2021,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?