6 Desember 2021

DPRD Banjarmasin Minta Pemko Antisipasi Anjal Dan Pengemis Musiman

2 min read

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, Mathari

BANJARMASIN – Puluhan pengemis musiman dan anak jalanan, mulai kembali marak bermunculan baik di perempatan jalan maupun pemukiman warga.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Mathari kepada wartawan, Senin sore (3/5) menjelaskan, dari pemantauan di lapangan, memang banyak ditemukan puluhan anak jalanan dan pengemis baik di perempatan jalan lampu merah dan memasuki pemukiman warga untuk meminta sedekah. Dengan demikian Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin, hendaklah saling berkoordinasi untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak semakin menjamur hingga menjelang hari raya idul Fitri.

“Kami minta dua SKPD ini terus berkomunikasi dalam mengatasi permasalahan sosial di bulan Ramadhan,” ucapnya.

Mathari menjelaskan, saat ini pemerintah kota bisa segera melakukan penertiban yaitu menerapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan anak jalanan, gelandangan dan pengemis, agar warga tidak terganggu dan dapat beraktivitas selama Ramadhan hingga lebaran.

“Kita ingin penertiban dilakukan secara persuasif,” katanya.

Lebih lanjut Mathari menambahkan, dengan dilakukan koordinasi, maka bisa didata anak jalanan dan pengemis, untuk diketahui penduduk lokal ataupun datang dari luar daerah. Dalam aturan sudah jelas jika para pengemis dan anak jalanan yang ditertibkan itu berasal dari kota ini, maka dilakukan pembinaan Dinas Sosial. Namun kalau berasal dari luar Kota Banjarmasin, harus dikembalikan ke daerah asalnya.

“Kalau ada pihak tertentu mengkoordinir kedatangan pengemis dari luar daerah, perlu ditindak tegas sesuai ketentuan,” tutupnya.

Untuk diketahui, bulan Ramadhan bagi umat Islam dianjurkan selain banyak beribadah, namun juga memperbanyak amal kebajikan lain, seperti memberi sedekah kepada fakir miskin, sehingga biasanya moment ini, sering dimanfaatkan oleh para pengemis dan anak jalanan musiman. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?