8 Desember 2021

Kalsel Pertahankan Prestasi Nasional Pembina Terbaik Keselamatan Kerja

2 min read

Pj Sekdaprov Kalsel (kanan) saat menerima penghargaan dari Menaker (kiri) di Jakarta pada Rabu (28/04)

JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker)  memberikan anugerah pembina Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik tahun 2021,  kepada 16 gubernur di Indonesia pada Rabu (28/4) di Jakarta.

Penghargaan K3 diberikan kepada kepala daerah atas dedikasi dan kebijakan terukur dalam membina dan memotivasi penerapan K3 di lingkungan perusahaan.

Dari 16 Gubernur tersebut, tercatat Gubernur Kalsel menjadi salah satu penerima.  Atas torehan tersebut, Gubernur Kalsel tercatat secara berturut turut meraih penghargaan pembina K3 sebanyak lima kali.

Pertama kalinya pada tahun 2017, saat dijabat Gubernur Sahbirin Noor hingga yang terakhir pada 2021, saat penjabat gubernur Safrizal ZA.

Penghargaan K3 bertujuan memotivasi pemerintah daerah, perusahaan, dan pekerja untuk mengimplementasikan K3 dengan lebih baik.

Penghargaan Pembina K3  tahun 2021 dari Kemenaker RI yang diserahkan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah ini, diterima penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar disalah satu hotel berbintang  di Jakarta, mewakili pj gubernur Kalsel.

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar usai menerima penghargaan mengatakan, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Pemprov Kalsel khususnya, maupun para pekerja/karyawan di perusahaan yang ada di Kalsel.

Roy juga mengungkap rasa syukur atas apresiasi terhadap pembinaan keselamatan kesehatan pekerja yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Kita bersyukur atas apresiasi kinerja gubernur Kalsel dalam melakukan pembinaan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, ini semua adalah prestasi yang diraih bersama sinergi antara pemerintah provinsi, perusahaan dan para pekerja tentunya,” kata Roy.

Atas torehan penghargaan ini pula, Roy ingin memotivasi jajaran dinas terkait dan stake holder untuk semakin meningkatkan,  pembinaan sekaligus perbaikan manajemen tenaga kerja di perusahaan-perusahaan.

“Dengan penghargaan ini semoga dapat menjadi motivasi untuk terus menerus melakukan pembinaan dan peningkatan sistem manajemen ketenagakerjaan dengan baik,” kata Roy.

Ia juga berharap ke depan, dengan adanya prestasi ini Kalsel dapat mencapai Zero Insiden kecelakaan kerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Kalsel.

“Harapannya selain dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja, Pemprov Kalsel berharap dapat menekan angka kecelakaan kerja hingga zero insiden,” kata Roy.

Ia menyampaikan, penghargaan ini merupakan hasil keja keras semua stakeholder terkait baik pemerintah, perusahaan maupun seluruh Serikat pekerja dalam rangka melaksanakan K3 di lingkup perusahaan.

“Mewakili bapak Pj Gubernur, kita sampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja dan kolaborasi dengan semua pihak terkait dalam rangka melaksanakan kegiatan K3 di perusahaan yang ada di Kalsel,” ucap Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah mengatakan,  penghargaan ini diraih berkat kerjasama antara dinas dengan perusahaan yang ada di Kalsel.

“Sehingga kita berhasil meraih penghargaan ini dari ibu Menteri Kemenaker RI,” pungkasnya.

Selain gubernur Kalsel, penghargaan serupa juga diterima gubernur DKI Jakarta, Sumsel, Kaltim, Sumut, Jabar, Jatim, Banten, Jateng, Riau, Sulsel, Bali, Yogyakarta, Lampung, Jambi, dan Sulawesi Tenggara. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?