6 Desember 2021

Dinas Perindustrian Kalsel Fasilitasi Pembuatan Traktor Kura-kura Bagi Pelaku IKM Tala

1 min read

Traktor kura-kura buatan IKM Logam Kab Tala yang menunggu dipasang pelampung

BANJARBARU – Untuk membantu membangkitkan kembali sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) penghasil produk logam di kabupaten Tanah Laut. Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel memfasilitasi Pembuatan Traktor Kura-Kura untuk alat pengolahan tanah pertanian. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel Mahyuni, belum lama tadi.

Disampaikan Mahyuni, ilmu para pelaku IKM Logam di Wilayah Kalsel harus diperbaharui terus menerus, sehingga pihaknya memfasilitasi pelaku IKM di Kabupaten Tanah Laut (Tala) untuk membuat produk baru yang dapat lebih mempermudah pekerjaan para petani dalam membajak sawah, sehingga terlahirlah produksi traktor kura-kura.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni

“Traktor kura-kura ini tidak mempunyai ban yang diganti dengan pelampung, sehingga untuk membajak sawah pun traktor ini mampu lebih cepat dari traktor biasanya,” ungkap Mahyuni.

Mahyuni menambahkan, penggunaan an traktor kura-kura pun, juga sangat mudah dalam dioperasionalkan, sehingga besar harapan, para pelaku IKM logam Kabupaten Tala dapat mengajarkan ilmu pembuatan traktor ini kepada pelaku IKM logam Daerah lain.

“Peserta pelatihan dapat mengajarkan pembuatan traktor ini kepada pelaku IKM Logam Diseluruh Kaliamantan Selatan sehingga seluruh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Logam Kalimantan Selatan, bisa membuat traktor kura-kura,” lanjut Mahyuni.

Mahyuni melanjutkan,pembuatan traktor kura-kura buatan lokal ini harus mendapat dukungan dari semua pihak, sehingga dapat terus berkembang hingga ketingkat selanjutnya. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?