1 Desember 2021

Bahas LKPj 2020, DPRD HST dan Kotabaru Kunjungi DPRD Kalsel

1 min read

Suasana Kunjungan DPRD HST ke DPRD Kalsel

Banjarmasin – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan DPRD Kabupaten Kotabaru melakukan konsultasi dalam pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPj) Kepala Daerah Tahun 2020.

“DPRD HST dan Kotabaru ini berkonsultasi pembahasan LPKj kepala daerah setempat,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Hj Dewi Damayanti Said kepada wartawan, usai memimpin pertemuan, Kamis (22/4).

Menurut Dewi Damayanti, pembahasan di DPRD HST lebih kepada bagaimana cara menilai LKPj yang disampaikan Bupati setempat, sekaligus rekomendasi untuk perbaikan kinerja pemerintah kabupaten.

“Karena mereka mengeluhkan temuan yang berulang kali pada rekomendasi yang telah disampaikan dewan,” jelasnya.

Untuk itu, mereka meminta saran agar temuan tidak terulang kembali, karena sudah disampaikan catatan atau rekomendasi terhadap permasalahan tersebut.

“Dewan kan hanya berwenang memberikan rekomendasi saja, tindak lanjut tetap di pemerintah daerah,” tambahnya.

Sedangkan mekanisme penilaian, Dewi mengungkapkan, sama dengan yang dilakukan provinsi, dengan mengundang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerja masing-masing komisi di DPRD setempat.

“Ini yang akan diberikan penilaian, apakah memang kinerjanya bagus atau tidak,” tegasnya.

Sedangkan DPRD Kotabaru lebih banyak menekankan pada perizinan tambang yang kini dialihkan ke pemerintah pusat, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Sumber Daya Mineral dan Batubara.

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Selatan, Burhanuddin mengakui DPRD Kotabaru mengeluhkan pengalihan perizinan tambang ini, yang harus dilakukan ke pusat, padahal di daerah masih banyak pertambangan rakyat.

“Karena izin tambang ini tidak hanya berlaku pada izin tambang batubara dan bahan mineral lain, namun juga tambang galian C,” pungkasnya. (NRH/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?