6 Desember 2021

Akhir Juni, Kalsel Targetkan 60 Persen Lansia Sudah Divaksin COVID-19

2 min read

Seorang lansia sedang disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas kesehatan

Banjarmasin – Terhitung sejak Februari 2021, provinsi Kalimantan Selatan sudah menjalankan program vaksinasi COVID-19, dengan sasaran pertama adalah para Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Program kemudian berlanjut dengan tahap vaksinasi kedua, dengan sasaran para lansia dan juga petugas pelayanan publik. Total hingga pertengahan April ini, sudah ada sekitar 178.000 orang, yang telah mendapatkan vaksin COVID-19. Baik dari kalangan SDMK, lansia maupun petugas pelayanan publik.

Namun sayangnya menurut kepala dinas kesehatan, sekaligus juru bicara satgas penanganan COVID-19 Kalimantan Selatan Muhamad Muslim, sasaran vaksin dari kalangan lansia, pencapaiannya masih sangat kecil. Dari total 332.165 orang lansia yang menjadi target vaksinasi tahap kedua, baru sekitar 2,41 persen yang sudah disuntik vaksin.

“Memang kalau kita lihat porsi yang saat ini terbanyak itu, pada kelompok petugas pelayanan publik. Kita masih rendah lanjut usia (lansia). Jadi memang kita masih perlu kerja keras, terutama kesulitannya itu adalah membuat target atau sasaran lansia, untuk masal. Sedangkan untuk petugas pelayanan publik, relatif lebih mudah dikumpulkan di satu tempat, sehingga dalam waktu yang singkat kita bisa memvaksin dalam jumlah banyak,” ujar Muslim saat ditemui Abdi Persada FM pada Senin (19/4).

Muslim menambahkan, selain tersebar disejumlah lokasi, banyak lansia yang takut untuk disuntik, serta mereka yang kesulitan untuk menjangkau fasilitas layanan kesehatan terdekat seorang diri. Oleh karena itu, pihaknya mendorong anggota keluarga terdekat, untuk proaktif membawa lansia ke faskes, untuk mendapatkan vaksin. Selain juga memaksimalkan peran posyandu khusus lansia.

“Bagi anggota keluarga yang membawa lansia untuk mendapatkan vaksin di faskes, akan mendapatkan bonus vaksin. Dengan begitu, kita berharap pencapaian vaksinasi bagi kalangan lansia ini dapat meningkat. Apalagi kita menargetkan hingga Juni nanti, sekitar 60 persen lansia di Kalsel sudah mendapatkan vaksin COVID-19,” harapnya.

Sementara itu, dari dua tahapan vaksinasi COVID-19 di Kalsel, tercatat sudah ada sekitar 16 persen sasaran yang telah berhasil divaksin, dengan total sebanyak 178.000 jiwa lebih. Terdiri dari 109.200 orang dari target tahap pertama, yakni SDMK, dan 67.195 orang dari target tahap kedua, dengan sasaran lansia dan para petugas pelayanan publik. (RIW/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?