28 November 2021

Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo, Resmi Dibuka di Banjarbaru

1 min read

Pembukaan Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo secara simbolis oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarbaru, Hidayaturrahman

Banjarbaru – Diawali dengan pembukaan secara simbolis dengan adat Lawang Sakepeng oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Periwisata (Disporabudpar) kota Banjarbaru, Hidayaturrahman, acara Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo dibuka, Rabu (7/4)

Acara yang digelar di Mall terbesar di kota Banjarbaru tersebut juga resmi dibuka oleh Wali Kota Banjarbaru melalui Asisten II, Puspa Kencana.

suasana jalannya pembukaan Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo.

Puspa menyampaikan, acara Pergelaran Seni Budaya Dayak Borneo ini, menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam Calender of Event 2021, di Kota Banjarbaru.

“Acara Seni Budaya Dayak Borneo dengan tagline Borneo in Harmoni 2 ini menjadi salah satu kegiatan yang sekaligus untuk memeriahkan hari jadi Banjarbaru yang ke 22,” jelasnya.

Puspa menambahkan, pagelaran seni ini tidak hanya mengenalkan budaya saja, tetapi juga dapat menjadi salah satu tujuan pariwisata, dalam daerah maupun luar daerah.

“Dengan diadakannya acara pagelaran seni ini, selain bertujuan untuk melestarikan budaya peninggalan-peninggalan nenek moyang, diharapkan juga mampu untuk meningkatkan Ekonomi khususnya Kota Banjarbaru,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Dayak Meratus, (Kumdatus) Banjarbaru, Benyamin Uhil mengatakan kegiatan Seni Budaya Dayak Borneo ini akan diselenggarakan selama 5 hari, terhitung sejak hari ini sampai tanggal 11 April nanti.

Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan selama 5 hari tersebut meliputi lomba – lomba tradisional, seperti balogo, bagasing, tari-tarian tradisional dan lainnya, selain itu ada juga lomba fashion show, dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

“Untuk Lomba tradisional nantinya diikuti oleh semua dayak yang ada di Kalimantan Selatan, dan untuk lomba fashion show, dan Lomba Mewarna anak-anak kita batasi masing-masing hanya 30 orang saja,” jelasnya. (MZM/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?