1 Desember 2021

Normalisasi Sungai Selesai, DPRD Banjarmasin: Penataan Jembatan harus Bernilai Seni

1 min read

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali.

BANJARMASIN – Kalangan legislatif menyarankan, penataan jembatan di atas sungai yang telah dilakukan normalisasi, seperti sungai di Jalan Veteran dan Jalan Ahmad Yani, nantinya harus dibuat bernilai seni.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali kepada wartawan baru baru tadi menyampaikan, saat ini dengan dilakukannya penataan jembatan di atas sungai, akan terlihat menjadi pemandangan yang bagus indah dan rapi, bahkan menjadi keunikan tersendiri  bagi para wisatawan luar daerah hingga mancanegara dalam memberikan penilaian, sewaktu mengunjungi Ibukota provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami ingin jembatan yang sudah dibongkar di atas sungai normalisasi, harus ditata lebih baik lagi,” ucapnya.

Matnor menilai, pihaknya mengapresiasi selama ini gerak cepat Pemerintah Kota Banjarmasin membentuk satuan tugas (satgas) normalisasi sungai pasca banjir, ini artinya telah serius untuk melakukan normalisasi sungai, baik yang terganggu alirannya karena dangkal, ataupun akibat bangunan yang menutupi di atas jembatan tersebut.

“Kita ingin Pemko membuat desain jembatan melibatkan para ahli dengan melakukan pengkajian sesuai kondisi alam sekitar,” tuturnya.

Lebih lanjut Matnor Ali menambahkan, saat ini untuk penanganan jangka pendek,  sungai-sungai yang terkoneksi ke sungai besar, hendaklah dibuat bendungan terbuka dan tertutup. Karena persoalan genangan air sering terjadi tidak hanya saat air sungai mengalami pasang, namun juga diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi.

“Kami minta Pemko kedepan mampu menjadikan sungai yang tidak berfungsi, diaktifkan kembali untuk penanggulangan banjir sejak dini,” tutupnya. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?