6 Desember 2021

Bendungan Riam Kiwa Diharapkan Cepat Selesai

2 min read

Bupati Kabupaten Banjar, Saidi Mansyur.

BANJAR – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir besar ditahun-tahun selanjutnya, pembangunan bendungan Riam Kiwa yang terletak di Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar pun, ditargetkan akan dilaksanakan pada tahun 2021, sehingga Pemerintah Kabupaten Banjar pun mengharapkan, bendungan ini dapat cepat terealisasikan.

Harapan ini disampakan Bupati Kabupaten Banjar Saidi Mansyur, usai Penyerahan bantuan rapid test Antigen dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, di halaman Gedung Mahligai Sultan Adam Martapura Kamis (25/3) tadi.

Disampaikan Saidi Mansyur, dengan adanya proyek bendungan Riam Kiwa di Kecamatan Pengaron kabupaten Banjar, maka dapat menjadi sebagai bendungan tambahan untuk penyerapan air di Kabupaten ini. sehingga diharapkan Proyek Bendungan Riam Kiwa dapat cepat selesai.

“Kami akan mencari tau penyebab adanya banjir susulan yang melanda Kabupaten Banjar dibulan ini, apakah dari banjir yang terjadi di Kabupaten lain, ataupun akibat penampungan di bendungan yang tidak maksimal,” ungkap Saidi Mansyur.

Saidi Mansyur menambahkan, untuk penyerapan air, di kabupaten Banjar memiliki bendungan Riam Kanan. Namun ditahun 2021 ini bendungan Riam Kanan tidak bisa menyerap air kiriman dari Kabupaten lain, sehingga Kabupaten Banjar mengalami musibah banjir.

“Dengan adanya bendungan Riam Kiwa maka Kabupaten Banjar punya 2 bendungan yang dapat menjadi penampung air, sehingga mudah-mudahan ditahun selanjutnya tidak terjadi musibah banjir,” harap Saidi Mansyur.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Fikri Abdurrahman.

Sementara itu saat ditemui ditempat terpisah, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Fikri Abdurrahman menyampaikan, bahwa pihaknya menargetkan pembangunan bendungan Riam Kiwa akan selesai pada tahun 2025 mendatang.

“Perencanaan Pembangunan Riam Kiwa ditahun 2021 ini, dengan target penyelesaian selama 4 tahun. Sehingga ditahun 2025 bendungan riwa diprediksi akan selesai,” ucap Fikri.

Fikri menambahkan, bendungan riam kiwa direncanakan akan dibangun dilahan seluas 700 hektar lebih, dengan bantuan pemerintah daerah (pemda) untuk pengadaan lahan bendungan. (MRF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?