1 Desember 2021

Operasi Jantung Terbuka Kini Bisa Dilakukan Di RSUD Ulin Banjarmasin

2 min read

Penandatangan MoU RSUD Ulin Banjarmasin dengan RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita disaksikan Penjabat Gubernur Kalsel.

Banjarmasin – RSUD Ulin Banjarmasin saat ini telah menjalin kerjasama dengan RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Kerjasama ini dalam bentuk penandatanganan MoU yang dilaksanakan di RSUD Ulin Banjarmasin, Selasa (23/3).

Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan, perjanjiam kerjasama antara RSUD Ulin Banjarmasin dengan Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita ini, dalam bentuk pemberian pembinaan selama 2 tahun.

“Selama 2 tahun kedepan RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita memberikan pembinaan kepada RSUD Ulin Banjarmasin, untuk penanganan jantung atau perawatan jantung dan pembuluh darah bisa dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin,” ungkap Safrizal.

Pembinaan, lanjutnya, dilakukan sampai RSUD Ulin Banjarmasin dapat melakukan secara mandiri.

“Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Suciati dan Direktur Utama RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Iwan Dakota,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Iwan Dakota mengatakan, Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita akan memberikan pembinaan kepada RSUD Ulin Banjarmasin, untuk pengobatan jantung radio vaskuler.

“Pusat Jantunga Nasional Harapan Kita saat ini memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap jejaringan vaskuler nasional diseluruh Indonesia,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Iwan, ada 54 rumah sakit yang mereka bina termasuk di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Untuk di RSUD Ulin Banjarmasin ini, sudah melakukan melakukan intervensi non bedah. Dan saat ini mau naik kelas untuk melakukan operasi jantung terbuka,” ungkapnya.

Maka, tambahnya, warga di Provinsi Kalimantan Selatan ini tidak lagi dikirim ke Jakarta atau ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung terbuka. Cukup dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin.

Sedangkan Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin Suciati menyampaikan, penderita penyakit jantung di Provinsi Kalimantan Selatan cukup banyak.

“Untuk penderita jantung di Provinsi Kalimantan Selatan cukup banyak. Saat ini masuk kedalam 10 besar,” ujarnya.

Sedangkan kasus penyakit jantung di RSUD Ulin Banjarmasin, untuk pasien jantung yang rawat jalan serta yang tidak menjalani operasi cukup banyak.

“Oleh karena itu saat ini RSUD Ulin Banjarmasin bersama RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita mempersiapkan, peningkatan pengobatan jantung di RSUD Ulin Banjarmasin,” ucap Suci. (SRI/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?