6 Desember 2021

Pemprov Kalsel Wajibkan Setiap ASN Tanam Satu Pohon

1 min read

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA saat menanam pohon buah di embung kampung banjar pada senin (22/3).

Banjarbaru – Untuk menjaga kualitas air yang ada di Kalsel, mengingat ditahun 2021 Kalsel mengalami musibah banjir yang sangat besar. Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, menginginkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, untuk menanam sejuta pohon dalam waktu satu bulan mendatang.

Arahan ini disampaikan langsung oleh Safrizal, dalam peringatan Hari Air Dunia ke-29 di Embung Kampung Banjar, Senin (22/3).

Disampaikan Safrizal, ia menantang setiap ASN, agar mau menanam minimal 1 pohon per orangnya secara serentak, yang akan dilaksanakan terhitung 1 bulan kedepan.

“Instruksi ini bertujuan sebagai upaya percepatan pemulihan kerusakan lingkungan akibat bencana banjir yang sempat terjadi di Kalsel, awal tahun tadi. Sedikitnya ada 128 perusahaan yang terlibat dan memberikan sumbangan bibit pohon nantinya,” ungkap Safrizal.

Safrizal menambahkan, penanaman sejuta pohon nantinya direncanakan akan diikuti langsung oleh Presiden Koko Widodo atau Menteri Kehutanan RI, baik secara virtual maupun secara langsung.

“Penanaman pohon sangat penting untuk Daerah ini, mengingat banjir besar yang melanda Daerah Kalsel, sehingga setiap Daerah di Kalsel harus menjadi paru-paru Dunia,” ucap Safrizal.

Dilanjutkan Safrizal, upaya pemulihan lingkungan melalui penanaman pohon akan membantu memupuk kesadaran terhadap sumber daya air. Dengan adanya pohon, maka air dapat lebih cepat terserap oleh tanah dan mencegah terjadinya banjir.

“Kematian anak akibat kekurangan air di dunia mencapai 6000 lebih pertahunnya, dan di Indonesia 50.000 anak mengalami kematian pertahunnya akibat kekurangan air, sehingga kualitas air sangatlah penting dalam mempengaruhi kualitas hidup seseorang,” tutup Safrizal. (MRF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?