23 Juni 2021

Polres Banjarbaru Musnahkan 2,4 KG Sabu-Sabu

2 min read

BANJARBARU – Polres Kota Banjarbaru melakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 2.378 gram dan 14,50 gram, atau sekitar 2,4 kilogram lebih,  Kamis (18/3).

Pemusnahan dilakukan dengan cara diblender ini dilakukan langsung oleh Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, bersama Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, Kejari Banjarbaru Andri Irawan, Perwakilan Pengadilan Negeri Banjarbaru, MUI Banjarbaru dan BNN kota Banjarbaru.

Disampaikan Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, ini adalah salah satu capaian yang cukup besar.

“dimana sat resnarkoba polres Banjarbaru berhasil mengungkap narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 2,4 Kg lebih atau bernilai 3,8 miliar, jika barang tersebut beredar dengan harga 1,6 juta per gramnya,” ucap Doni.

Pemusnahan ini juga menurut Doni, menandakan bahwa masih ada peredaran narkotika di kota ini.

“Masyarakat agar tahu, bahwa Masih banyaknya beredar narkoba di Banjarbaru. Terlebih di wilayah kita ada objek vital seperti bandara. Ini menjadi atensi kita Dalam hal penanggulangan bahaya narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapresiasi kinerja polres Banjarbaru yang dapat menyelamatkan 2 juta orang dengan berhasilnya mengungkap kasus narkoba seberat 2,4 kg lebih ini.

“Mudah-mudahan kita bisa menekan angka peredaran narkotika ini di Kalsel, khususnya di Banjarbaru,” ungkap Aditya.

Untuk diketahui, terungkapnya kasus 2,4 kg narkotika jenis sabu-sabu ini, berawal dari informasi masyarakat pada Kamis (4/3)  bahwa akan terjadi transaksi sabu-sabu di area parkir bandara internasional Syamsuddin Noor.

Kemudian unit opsnal sat resnarkoba turun  ke lokasi tersebut dan mengamankan 2 orang yang dicurigai sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan dalam informasi sebelumnya. 2 (dua) orang tersebut berinisial “A” dan “F” diamankan dan dilakukan penggeledahan.  Saat dilakukan pendalaman akhirnya kedua orang tersebut mengatakan diminta oleh seseorang berinisial “P” di Banjarmasin untuk mengambil sabu-sabu di sebuah roda dua yang terparkir di area bandara internasional Syamsuddin Noor.

Saat dilakukan penggeledahan di roda dua tersebut ditemukan 10 lembar plastik yang di dalamnya terdapat narkotika jenis sabu-sabu dengan berat masing-masing plastik 250 gram dengan total berat kotor 2.435 gram atau 2,4 kg lebih. Kemudian personil berangkat ke Banjarmasin dan berhasil mengamankan “P” dan dari pengakuan “P” dia diminta oleh inisial “U” untuk mencari orang yang mau menjadi kurir pengambilan barang haram tersebut. Hingga kini “U” masih dalam pengejaran dan jaringan ini masih didalami.

Pasal berlapis yang disangkakan kepada para tersangka yaitu pasal 114 ayat 2 sub pasal 113 ayat 2 jo pasal 131 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau hukuman mati. (RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.