6 Desember 2021

Jelang Ramadhan, Ketersediaan Stok Pangan Cukup

1 min read

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno

BANJARBARU – Ketahanan stok pangan jelang Ramadhan dan lebaran Idul Fitri dipastikan ketersediaanya tetap terpenuhi. Bahkan, 11 kebutuhan bahan pokok di Kalimantan Selatan masih dikatakan cukup.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno usai mengikuti rapat koordinasi (rakoor) jelang Ramadhan-Idul Fitri bersama Pj Gubernur Kalsel, di aula Aberani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Selasa (16/3) siang, mengatakan 11 kebutuhan pokok dipastikan tetap aman bahkan terpenuhi selama 3 bulan kedepan.

“Gula, beras, telur, gula, bawang merah dan putih, minyak goreng, jagung, daging, cabe dari sebelas itu cukup untuk tiga kedepan,” ungkapnya.

Kendati tercukupi, dia mengakui bahwa ada empat yang masih mengalami kekurangan stok dan bahkan mau tak mau harus mengambil ketersediaan surplusnya di provinsi lain.

“Yakni bawang merah, bawang putih dan gula. Namun, untuk cabe rawit yang mahal adalah taji,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, padahal cabe rawit dengan jenis lainnya yang dijual Kalimantan Selatan masih begitu mencukupi.

“Kan ada cabe rawit yang hijau dan rawit cabak itu harganya diangka kisaran Rp50.000 hingga Rp80.000. Beda dengan taji yang mencapai ratusan ribu lebih,” paparnya.

Menyikapi terjadinya kelangkaan itu, Suparno menyebutkan sementara harus mengambil stok ke beberapa wilayah termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

“Dari provinsi lain kan masuk, sebut saja dari Sulawesi Selatan dan Surabaya. Maka, ketersediaan ini pun cukup,” katanya.

Keterkaitannya menjelang Ramadhan dan Lebaran, diakuinya lagi memang sering terjadi kenaikan harga. Namun, dipastikan, setengah hingga satu bulan kedepan harga kebutuhan pokok tersebut akan kembali stabil di pasaran.

“Hari-hari besar itu sering terjadi, tetapi, kalau sudah satu bulan kebutuhan pokok ini akan kembali stabil lagi,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?