6 Desember 2021

Acara Perkawinan Jadi Penyumbang Klaster COVID-19

1 min read

Kepala BBTKLPP Banjarbaru, Slamet Mulsiswanto

BANJARBARU – Penularan melalui acara perkawinan kini diklaim sebagai klaster baru penyebaran COVID-19. Bahkan, pemerintah juga menyarankan agar protokol kesehatan (prokes) lebih diperketat meskipun hanya di lingkungan keluarga.

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Slamet Mulsiswanto menjelaskan selain klaster perkantoran dan lain-lain, masyarakat diharapkan tidak terlena dengan kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan.

“Sekarang itu, klaster penyebaran harus diperhatikan dan kami himbau agar tetap menerapkan prokes yang ketat bukan hanya dilingkup keluarga, perwakinan pun harus diwaspadai juga,” imbau kepada Abdi Persada FM, beberapa waktu yang lalu.

Meski demikian, Ia menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah di Kalimantan Selatan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5 M meski sekalipun hanya berada didalam rumah.

“Ini jangan lupa, terus diterapkan prokes ini karena apa, upaya pencegahan itu penting. Mulai sekarang lakukan 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan tidak lupa pula mengurangi mobilitas atau interaksi,” paparnya.

Terkait meminimalisir penyebaran, dirinya menuturkan apabila merasakan tanda-tanda atau gejala aneh yang dirasakan oleh tubuh maka disarankan untuk segera melakukan isolasi mandiri.

“Untuk itu, kepada masyarakat yang diharapkan jangan takut untuk memeriksakan diri. Kalaupun ada gejala langsung lakukan isolasi mandiri atau ikut karantina,” ungkapnya.

Selain itu, Slamet menyebutkan supaya angka penyebaran COVID-19 mampu ditekan, melalui program pemerintah masyarakat Kalimantan Selatan diminta berperan aktif dalam mendukung gerakan vaksinasi massal yang kini telah mulai berjalan.

“Untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, kami menghimbau ikutilah program vaksinasi massal ini,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?