6 Desember 2021

Pengadaan Mobil Dinas Unsur Pimpinan DPRD Banjarmasin Sudah Sesuai Aturan

2 min read

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali

BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali kepada wartawan pada Kamis (4/3) mengatakan, pengadaan mobil dinas baru yang dikhususkan untuk empat unsur pimpinan dewan, sudah dibahas dalam rapat antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dengan badan anggaran DPRD Banjarmasin, pada tahun 2020 lalu, dan dianggarkan melalui APBD.

“Saat ini mobil dinas unsur pimpinan dewan usianya sudah lebih dari 5 tahun, sehingga sesuai aturan berlaku diperbolehkan untuk pengadaan mobil dinas baru,” katanya.

Matnor menjelaskan, dalam APBD tahun 2020 sesuai Perpres Nomor 33 Tahun 2020, penyediaan mobil dinas baru, untuk ke empat pimpinan dewan, dan juga Walikota serta Wakil Walikota Banjarmasin, harganya tidak boleh lebih dari Rp486 juta, serta kapasitas silindernya maksimal 2.200 cc.

“Kami bukannya tidak empati dengan kondisi sekarang yang masih dalam masa pandemi COVID-19, dan baru saja mengalami musibah banjir. Namun sudah dianggarkan dalam APBD, dan sesuai permendagri Nomor 64 tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan RAPBD, maka anggaran yang sudah dialokasikan itu tidak boleh digeser. Kecuali atas pertimbangan lain, dan itupun harus diusulkan pada RAPBD Perubahan tahun 2021,” jelasnya panjang lebar.

Lebih jauh Matnor Ali menyampaikan, untuk kondisi mobil unsur pimpinan dewan, memang masih layak pakai, namun usianya sudah lebih lima tahun, jika dipertahankan dengan waktu pemakaian lama, tentunya memerlukan  biaya perawatan yang relatif mahal. Ditambah lagi pada saat nantinya harus diganti, otomatis harga lelang pasti akan murah.

“Kita keempat unsur pimpinan dewan ini, tidak pernah meminta penyediaan mobdin baru yang mewah, karena semuanya hanya menyesuaikan aturan yang berlaku,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya mobil dinas empat pimpinan DPRD Banjarmasin senilai Rp650 juta. Dan itu merupakan hasil pengadaan 2015 lalu, dengan kapasitas silinder 2.500 cc dan saat ini sudah dikembalikan ke balai Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?