28 November 2021

DPRD Kalsel Akan Koordinasikan Dampak Banjir Dua Kabupaten Hasil Pantauan Pihaknya

2 min read

Suasana Kunker Komisi I DPRD Kalsel ke Kabupaten Barito Kuala dan Tanah Laut

BANJARMASIN – Dampak musibah banjir yang melanda beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan menarik perhatian Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan mendatangi langsung dua Kabupaten yaitu Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut pada 10 – 13 Februari 2021 lalu.

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Rachmah Norlias mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk melihat langsung kesiapan dan penanganan transisi tanggap darurat bencana ke pasca bencana.

“Hari pertama kunjungan dilaksanakan dengan melakukan dialog langsung bersama pihak dari Kecamatan Alalak. Dari hasil diskusi terdapat beberapa permasalahan diantaranya sarana dan prasarana jalan yang cukup rusak sehingga secara langsung berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat,” katanya kepada wartawan, belum lama tadi.

Selain itu, menurut Rachmah, juga ada beberapa permintaan masyarakat petani agar dibantu diberikan bibit karena dampak banjir yang juga telah mengganggu lahan pertanian. Menanggapi keluhan dan aspirasi warga tersebut, pihaknya akan menyampaikan dan  berkordinasi kepada pihak terkait, utamanya komisi di DPRD dan instansi yang menangani langsung.

“Penanganan pasca banjir ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu kabupaten saja, tetapi harus melibatkan Pemerintah Provinsi dan Balai Pelaksana Jalan Nasional karena banyak sarana dan prasarana yang merupakan kewenangan Balai Jalan yang mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan kemacetan dan mempengaruhi pergerakan roda perekonomian ini,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Suripno Sumas memberikan apresiasi terhadap penanganan banjir yang telah dilaksanakan dengan baik di Kabupaten Tanah Laut. Selanjutnya berdasarkan program Pemerintah Pusat terkait bantuan atas rumah yang rusak, dirinya berharap agar dapat secepatnya menginventarisir data untuk diserahkan ke BPBD Provinsi Kalimantan Selatan sehingga bisa segera direalisasikan. (HUMASDPRDKALSEL-NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?