6 Desember 2021

Disbunnak Kalsel Monitoring Lahan Kopi di Kabupaten Banjar Yang Terdampak Banjir

2 min read

Kadisbunnak Kalsel Suparmi, saat melakukan pengecekan mesin pengolah kopi

BANJAR – Dinas perkebunan dan peternakan provinsi Kalimantan Selatan (Disbunnak Kalsel) mengunjungi kebun kopi dan Unit Pengolahan Hasil (UPH) di desa Lok Tunggul Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, Senin (15/2) kemarin.

Kunjungan ini menyusul dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu yang merendam desa Lok Tunggul hingga mencapai ketinggian tiga meter.

Kunjungan ini dipimpin Kepala Dinas Bunnak Kalsel, Suparmi,  didampingi Kabid Perkebunan, Kabid PSP dan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Banjar.

Penanganan dampak banjir di wilayah ini dijelaskan Suparmi, akan dibantu sebanyak 500 batang bibit kopi sebagai upaya peremajaan kopi.

“Kebetulan dari kunjungan Mentan kemarin, juga ada Dirjen perkebunan dalam rombongan, jadi kita laporkan, dari kabupaten juga sudah masuk, di Pengaron itu ada 500 pohon yang mati dan harus ada penggantian,” ujarnya Rabu (17/2).

Adapun untuk tanaman kopi yang masih hidup dengan kondisi siap panen, maka diusulkan untuk mendapatkan bantuan intensifikasi berupa bantuan  pupuk melalui APBN, APBD Provinsi dan sharing dengan APBD Kabupaten.

“Keperluan ini terkait pengembalian kebasaan tanah agar bisa memudahkan penyerapan pupuknya. Pestisida juga diperlukan untuk menghindari adanya jamur dan kelembaban. Dan hal ini dimintakan agar kelompok mengusulkan untuk meminta bantuan,” katanya.

Dalam Kunjungan ini, Kadisbunnak Kalsel melihat secara langsung kondisi bantuan berupa bangunan dan mesin pengolah kopi serta tanaman kopi dengan luasan 14 hektar akibat terjangan banjir yang terjadi.

Jangka waktu sendiri lanjutnya, diusahakan dibantu pada 2021 ini juga. Terlebih katanya, kabupaten Banjar juga memiliki kegiatan untuk perluasan tanaman kopi pada 2021 dan 2022 mendatang.

Suparmi bersyukur atas terselamatkannya UPH dan mesin pengolah kopi pada saat banjir. Sehingga berdasarkan informasi dari ketua kelompok, pengolahan kopi akan kembali dilakukan dalam waktu dekat. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?