6 Desember 2021

DPRD HSU Ingin Adopsi Sosper DPRD Kalsel

2 min read

Wakil Ketua DPRD Kabupaten HSU, Mawardi (pakai peci) didampingi Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten HSU, Junaidi.

Banjarmasin – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (3/2). Maksud dan tujuan kedatangan mereka untuk meminta informasi mengenai mekanisme sosialisasi peraturan daerah yang telah dilaksanakan oleh DPRD Kalsel.

“Karena bagaimanapun Perda yang telah terbentuk itu disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengetahui peraturan-peraturan yang akan diberlakukan oleh pemerintah daerah,” kata Wakil Ketua DPRD HSU, Mawardi kepada wartawan, usai pertemuan.

Dari hasil pertemuan tersebut, menurutnya didapatkan informasi bahwa tidak hanya Perda yang dibuat oleh dewan, tetapi juga perda yang dibentuk dewan bersama Pemerintah Kabupaten perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

“Selama ini di DPRD Kabupaten/Kota belum ada sosialisasi Perda. Ini tentu merupakan terobosan baru yang telah dilaksanakan oleh DPRD Kalsel yang pada akhirnya nanti pelaksanaan kegiatan ini bisa diikuti oleh DPRD Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten HSU, Junaidi. Ia menjelaskan sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan disebutkan bahwa setiap Undang-Undang atau Peraturan yang dibuat harus disosialisasikan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Yang baru pertama melaksanakan sosialisasi Perda adalah DPRD Kalsel. Makanya kami ingin mengkaji bagaimana sistem penganggarannya, dasar hukumnya apa. Kemungkinan untuk di APBD murni kegiatan ini tidak dianggarkan. Nanti kita akan muat di APBD Perubahan,” jelasnya.

Untuk diketahui, rombongan DPRD Kabupaten HSU diterima oleh Perwakilan Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, Idrus dan Kepala Bagian Tata Usaha, Riduansyah. Pertemuan dilaksanakan di ruang BP Perda DPRD Kalimantan Selatan. (NRH/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?