16 Juni 2021

DPRD Banjarmasin : Semua Warga Harus Terlibat Dalam Normalisasi Sungai

2 min read

Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Abdurrasyid Ridho

BANJARMASIN – Kalangan legislatif menilai melakukan normalisasi sungai, tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun peran serta semua masyarakat harus ada, hal ini tentunya akan mempermudah pekerjaan tersebut.

Menurut Anggota DPRD Kota Banjarmasin Abdurrasyid Ridho kepada Abdi Persada FM pada Kamis (28/1), adanya banjir yang terjadi di hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan, termasuk Kota Banjarmasin sebagai Ibukota provinsi Kalimantan Selatan, maka pemerintah daerah harus bergerak cepat, untuk mengalirkan air genangan di pemukiman penduduk, namun juga tentu di dukung penuh semua lapisan masyarakat.

“Kita nilai normalisasi semua sungai perlu diilakukan, dan itu tentu melibatkan seluruh warga,” ucapnya.

Politisi PPP Kota Banjarmasin ini menyampaikan, untuk jangka pendeknya yaitu melakukan pemompaan air, agar mempercepat aliran air, khususnya di daerah pemukiman yang tidak bisa mengalir, karena banyaknya sungai tersumbat.

“Kami ingin warga yang mendirikan bangunan di atas sungai, akan memahami upaya Pemerintah daerah menormalisasi sungai,” katanya.

Lebih lanjut Abdurrasyid Ridha meminta, seluruh warga Banjarmasin menyikapi  bencana banjir, harus banyak bersabar, tawakkal kepada Allah SWT, serta mengikhlaskan, karena dibalik musibah ini semua ada hikmahnya.

“Mari kita saling bersinergi untuk kembali membangun Kota Banjarmasin, yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Seperti diketahui, hampir semua wilayah di Kalimantan Selatan terdampak banjir, akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dan naiknya debit air sungai sejak Kamis (14/01) lalu, sehingga mengakibatkan ribuan rumah terendam. Kota Banjarmasin ikut mengalami dampaknya, dari lima Kecamatan, tiga Kecamatan terparah akibat banjir, karena banyak rumah warga terendam meski hanya sebagian sepinggan dan sepaha orang dewasa.

Ketiga Kecamatan yang mengalami kerusakan parah akibat banjir yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara,  Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Kecamatan Banjarmasin Timur, sedangkan Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Kecamatan Banjarmasin Barat masih ringan. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.