16 Juni 2021

DPRD Banjarmasin Pertanyakan Penanganan Korban Banjir

2 min read

Rapat Evaluasi Penanganan Banjir di Pemko Banjarmasin

Pembuatan Jembatan Minta Dibuat Melengkung

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar rapat evaluasi tentang penanganan banjir bersama pihak pihak terkait lainnya, salah satunya DPRD Kota Banjarmasin untuk membahas penanganan banjir di kota ini.

Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Banjarmasin Afrizal menyampaikan, pada rapat bersama Pemerintah Kota Banjarmasin, pihaknya mempertanyakan fokus penanganan korban banjir di Kota Banjarmasin.

Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Banjarmasin Afrizal

“Pada rapat bersama Pemerintah Kota Banjarmasin, kami fokus mempertanyakan penanganan korban banjir,” ucapnya, kepada sejumlah wartawan, Jumat (22/1).

Menurut Afrizal, pihaknya menanyakan bagaimana data korban serta pengungsi yang telah diterima oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, begitu juga untuk penyaluran logistik, makanan, obat obatan, serta keperluan lainnya.

“Kami masih banyak menerima keluhan dari beberapa titik korban banjir, yang berada di Kecamatan Banjarmasin Selatan serta Kecamatan Banjarmasin Timur yang masih tidak begitu baik,” ungkapnya.

Penyaluran tidak baik tersebut, lanjutnya, dikarenakan akses jalan setempat yang tidak baik juga.

“Kami berharap, Pemerintah Kota Banjarmasin dapat mengatasi permasalahan ini dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Afrizal juga menyoroti pembangunan jembatan di Kota Banjarmasin.

“Pada rapat bersama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin ini, kami juga mempertanyakan bagaimana perbaikan infrastruktur pasca banjir,” katanya.

Menurut Afrizal, pihaknya melihat di lapangan infrastruktur yang tidak sesuai dengan keadaan Kota Banjarmasin, salah satunya jembatan jembatan, dengan kondisi sangat rendah.

Sehingga, lanjutnya, pada saat air pasang melanda, maka jembatan tersebut tidak bisa dilewati serta menjadi penyangga sampah. Yang menjadi penumpukan sampah dan pendangkalan di sungai tersebut.

“Sehingga kami menyarankan untuk kedepannya, pembangunan jembatan di Kota Banjarmasin dibuat melengkung,” ucap Afrizal.

Sementara itu, Plt Sekda Kota Banjarmasin Mukhyar mengatakan, rapat evaluasi penanganan banjir yang digelar oleh Pemerintah Kota Banjarmasin ini, untuk mendengarkan semua masukan dan pendapat dari semua pihak.

“Pada awal terjadinya banjir, kami belum melaksanakan rapat, hanya fokus pada penanganan para korban terdampak banjir saja,” ucapnya.

Sehingga, baru saat ini dapat dilaksanakan rapat evaluasi dari penanganan banjir tersebut.

“Pada rapat evaluasi ini, untuk membahas penanganan pasca banjir dan lainnya, seperti pembuatan pintu air, normalisasi banjir, serta lainnya,” ujar Mukhyar. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.