16 Oktober 2021

Walikota Banjarmasin : New Normal, Menunggu Keputusan Pusat

2 min read

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

BANJARMASIN – Rencana pelaksanaan tahapan new normal dari Pemerintah Pusat, mendapatkan tanggapan dari Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ibnu Sina Walikota Banjarmasin menyampaikan, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat,  terkait masa tanggap darurat yang akan berakhir pada tanggal 31 Mei 2020 mendatang.

“Kami menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan new normal tersebut,” ucap Ibnu, kepada sejumlah wartawan, Selasa (26/5).

Ibnu mengatakan, apabila Pemerintah Pusat mencabut masa tanggap darurat tersebut, berarti yang akan menjadi panglima bukan lagi kesehatan, artinya upaya untuk penanganan kesehatan tetap diprioritaskan, tetapi melihat juga dampak ekonomi dan sosial, yang terjadi.

“Dampak sosial dan ekonomi harus dipadukan. Karena pemerintah tentunya memikirkan banyak aspek untuk penanganan Covid-19, beserta dampaknya,” ujar Ibnu.

Sehingga pada akhir bulan ini, lanjut Ibnu, Pemerintah Kota Banjarmasin menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat. Apakah tetap melanjutkan status tanggap darurat atau mencabut.

“Apabila tetap dilaksanakan status tanggap darurat, maka penanganannya tetap seperti saat ini. Dan, apabila dicabut maka kehidupan kembali normal, warga kembali melakukan kegiatannya seperti biasa,” tutur Ibnu lebih lanjut.

Namun, pada pelaksanaan new normal tersebut, warga diminta menjadikan kebiasaan penggunaan masker, sering cuci tangan, dan lainnya.

“Kami telah membaca surat Kementerian Kesehatan yang baru tersebut, terkait upaya dari pemerintah untuk menerapkan standar standar dan menggerakkan ekonomi, yang dikenal dengan new normal,” ucap Ibnu.

Artinya, tambah Ibnu, tetap berusaha untuk menyelesaikan masalah kesehatannya tetapi aspek ekonominya juga harus mulai dilakukan discovery.

Sehingga, pelaksanaan yang telah dilaksanakan pada tanggap darurat seperti menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan lainnya. tetap terus dilakukan.

“Warga diminta menjadikan kebiasaan menggunakan masker, sering mencuci tangan dan lainnya, dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Ibnu. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?