28 Oktober 2021

Walikota Diminta Peka, Stok Darah PMI Banjarmasin Semakin Menepis

1 min read

Ketua Unit Transfusi Darah Aulia Ramadhan Supit, sedang memeriksa kecukupan darah.

BANJARMASIN – Saat ini ketersediaan stok darah mengalami kekurangan, akibat sepinya pendonor, apalagi sebentar lagi Lebaran.

Ketua Unit Transfusi Darah Aulia Ramadhan Supit saat diwawancara media massa.

Kepada Wartawan di ruang kerjanya Jalan S Parman pada Senin (18/5), Ketua Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjarmasin Aulia Ramadhan Supit mengatakan, dengan terjadinya peningkatan kasus Covid-19, berdampak sepinya pendonor, selain itu saat ini mulai memasuki musim penghujan, dikhawatirkan semakin berkembang Deman Berdarah Dengue (DBD) . Peran besar dari Pemerintah Kota, yaitu Walikota hendaknya bisa melakukan donor darah, serta mengajak ASN untuk melakukan secara rutin donor darah, karena sangat berharga bagi pasien di Rumah Sakit.

“Kami ingin Walikota Banjarmasin bisa peka, karena sampai sekarang kita kekurangan stok darah,” katanya.

Disampaikan Aulia yang juga mantan anggota DPRD Kota Banjarmasin periode Tahun 2014 sampai 2019, kalau Walikota Banjarmasin memerintahkan semua ASN untuk menyumbangkan darah ke PMI Kota Banjarmasin, otomatis pihaknya tidak lagi mengalami kesulitan dalam memenuhi keperluan darah tersebut.

“Kami menilai, stok darah menipis, karena masyarakat berhati-hati keluar rumah, apalagi adanya aturan PSBB,” ucapnya.

Lebih lanjut Rama (sapaan akrabnya) menyampaikan, beberapa instansi pemerintahan dan swasta yang biasa melaksanakan donor darah, terkesan enggan melaksanakan, karena khawatir dibubarkan kepolisian, karena dianggap mengumpulkan masyarakat. Padahal meskipun ada perkumpulan,  PMI Kota Banjarmasin tetap mengacu pada protokoler pencegahan Covid-19, dengan cara tetap menjaga jarak, memakai masker serta disediakan hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?