28 Oktober 2021

Aktivitas Jual Beli Sembako di Pasar Martapura Berjalan Normal

1 min read

Aktivitas di pasar Tradisional Martapura. Jum'at (15/5).

BANJARBARU – Aktivitas jual beli di pasar tradisional Martapura, terutama untuk bahan pokok, nampak berjalan seperti biasa. Pada Jum’at (15/5) pagi.

Tidak ada aksi borong sembako yang terjadi, meskipun sudah memasuki H-1 penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang serentak di berlakukan di Kabupaten Banjar, bersama dua daerah lainnya yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala.

Menurut salah satu pedagang beras yang juga merupakan bahan pokok, Erna, penerapan PSBB di Kabupaten Banjar tidak terlalu mengagetkan hingga membuat kepanikan di tengah masyarakat.

Erna Mengatakan, tidak ada perubahan yang berarti, bahkan sebelum pandemi hingga akan diberlakukannya PSBB ini.

“Biasa-biasa saja, tidak ada aksi borong sembako,” ujarnya.

Erna menduga, hal ini terjadi karena mayoritas penduduk di Kabupaten Banjar bukan sebagai pegawai negeri, yang mempunyai gaji tetap, dan akan melakukan aksi borong ketika gajian.

“Orang disini, cari sehari habis sehari, jadi hanya membeli sesuai kebutuhan saja,” terangnya.

Erna juga berujar, dari beberapa perbincangan dengan pedagang maupun pembeli, PSBB lebih di artikan sebagai himbauan yang lebih di tekankan dari sebelumnya agar masyarakat tetap di rumah saja, namun tetap di perbolehkan untuk keluar rumah apabila di anggap keperluan yang mendesak.

“Beli beras kan keperluan dasar, meskipun PSBB tetap bisa membeli, makanya tidak ada aksi borong,” tutupnya.

Sementara pedagang lainnya yang berada di pasar Mahabbah Martapura, Rusmini, mengatakan, menjelang PSBB ini penjualan beras menurun dari biasanya, mengingat kebanyakan masyarakat mendapatkan banyak bantuan dari pemerintah, berupa bahan sembako termasuk beras.

“Ada beras bantuan, PKH juga setiap bulan, bentuknya juga beras, makanya pembeli beras sepi,” ujarnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?