28 Oktober 2021

Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel Bakal Test Swab

2 min read

Suasana Rapat Anggota DPRD Kalsel dengan Tim Gugus Tugas beberapa waktu lalu.

BANJARMASIN – Sebanyak 55 anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan akan menjalani Test Swab untuk memastikan ada atau tidaknya virus Corona di dalam tubuh mereka. Pemeriksaan tersebut rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat, mulai dari unsur pimpinan DPRD Provinsi hingga para anggotanya.

Hal itu diungkapkan Muhammad Syaripuddin, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Kamis (14/5) di Banjarmasin. Menurutnya nantinya akan dilakukan tes oleh tenaga kesehatan kepada seluruh anggotanya. Sesuai putusan rapat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) CoVID-19 Kalimantan Selatan, sehari sebelumnya.

Mengingat tingginya mobilitas para anggota legislatif, yang beberapa waktu terakhir membantu GTPP CoVID-19 Provinsi untuk melakukan monitoring ke 13 kabupaten/kota di provinsi ini dan juga reses ke daerah pemilihannya.

“Dari Dinas Kesehatan tadi menyarankan agar dilakukan swab test kepada 55 anggota DPRD Kalsel,” katanya.

Wakil Rakyat Provinsi yang akrab disapa Bang Dhin ini menyatakan secara pribadi dan juga kelembagaan sangat mendukung rencana tersebut, apalagi banyaknya kekhawatiran adanya paparan virus selama melaksanakan tugas ke dalam daerah. Ia juga mengungkapkan alasannya mau diperiksa melalui uji swab, yang salah satunya untuk mengetahui kondisi kesehatan diri. Tentunya juga untuk berjaga-jaga dari risiko paparan, yang saat ini masih cukup tinggi terjadi di provinsi ini.

“Sebenarnya dengan adanya pemeriksaan, tentu ada kekhawatiran jika positif, tapi karena ingin menjaga kesehatan diri, tidak apa-apa lah,” jelasnya.

Nantinya tak hanya anggota DPRD Provinsi saja yang akan dilakukan Test Swab, namun juga para pegawai di Sekretariat. Mengingat banyaknya kontak para pegawai dengan anggota DPRD dan juga adanya aktivitas di luar kantor, turut meningkatkan risiko paparan.

Termasuk juga awak media yang bertugas di ‘Rumah Banjar’, sebutan bagi gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, yang memiliki aktivitas paling banyak di luar ruangan dan berpindah-pindah tempat kegiatan.

“Saya juga usulkan tadi bagi teman-teman wartawan, untuk ikut swab test,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Kalsel, Asbullah, menyambut baik wacana test swab bagi wakil rakyat, karena penting untuk memastikan mereka bebas covid.

“Saya juga mengusulkan agar seluruh staf dan rekan media yang ngepos di dewan turut di test. Pasalnya sering kontak dengan  wakil rakyat,” katanya.

Asbullah menilai, meski diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibukota propinsi, masih banyak masyarakat yang tak patuh.

“Kita himbau kembali GTPP lebih masif melakukan sosialisasi dan edukasi warga, sehingga proses PSBB bisa berjalan lancar,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Nurani Demokrat (PND) DPRD Kalsel ini berharap, pandemi corona ini segera berlalu di Kalsel, karena sudah menyengsarakan masyarakat, terlebih berpenghasilan minim. Ia mengaku prihatin, hari ke hari grafik kasus terkonfirmasi covid meningkat. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?