20 Oktober 2021

DPRD Kalsel Siap Dukung Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan PSBB

2 min read

Anggota Tim Monitoring Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi.

BANJARMASIN – Dalam rangka percepatan penanganan penyebaran virus Covid-19 di Provinsi Kalsel, maka Tim Monitoring Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel mengunjungi lokasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin. Kunjungan ini untuk mengetahui sejauh mana persiapan Kota Banjarmasin, yang dalam hitungan hari lagi, melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kunjungan ini diterima langsung Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Selasa (21/4).

Salah satu anggota Tim Monitoring Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi yang merupakan anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Kalsel menyampaikan, sejak awal merebaknya covid-19 di Kalsel terutama di Kota Banjarmasin, jika ia sudah menyarankan penanganan yang masif, dan semua diikuti oleh seluruh komponen masyarakat, termasuk ASN yang ada di tatanan kelurahan.

“Sejak awal merebaknya covid 19 ini, saya sudah menyarankan agar penanganannya dapat dilakukan secara masif. Harus diikuti oleh semua pihak, hingga tingkat kelurahan,” ucap anggota DPRD Provinsi Kalsel yang akrab disapa Paman Yani ini.

Menurut Paman Yani, sampai saat ini, masih ada beberapa kepala desa atau kelurahan yang masih tidak memahami bahaya dari penyebaran Covid 19 ini.  Sehingga mereka tidak bisa memberikan edukasi kepada RT dan RW tentang persoalan ini.

“Beberapa waktu lalu ada kejadian di kampung kita, saya menyampaikan edukasi kepada pihak RT dan RW mengingat merekalah yang berhadapan dengan rakyat atau warga,” ungkap Paman Yani.

Dengan, adanya edukasi yang benar dan tepat maka diharapkan dapat memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

“Sehingga pembatasan pergerakkan covid-19 dapat dilakukan,” ucap Paman Yani.

Paman Yani mengatakan, sebentar lagi PSBB dilaksanakan di Kota Banjarmasin. Ini merupakan bentuk keseriusan Walikota Banjarmasin.

“Sehingga kami mengharapkan Banjarbakula juga dapat menyesuaikan dengan Kota Banjarmasin,” ujar Paman Yani.

Tapi, tambah Paman Yani, jika ingin sempurna dalam memutus penyebaran covid-19 sebaiknya seluruh daerah di Provinsi Kalsel dapat melaksanakan PSBB tersebut.

“Saya maunya dilaksanakan PSBB di seluruh provinsi Kalsel, sehingga tidak adalagi covid-19 di banua ini,” ucapnya.

Asal, lanjut Paman Yani, Kepala Daerah di seluruh Provinsi Kalsel mau bersama bergerak untuk memberantas penyebaran covid-19.

“Walaupun hari ini kita yakini semua kepala daerah sangat komitmen, tetapi dengan dilakukan secara bersama sama seperti Kota Banjarmasin, maka berdasarkan keyakinan saya pribadi, kita bisa,” ujar Paman Yani.

Sementara.itu, Wakil Ketua Tim Monitoring Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel Suripno Sumas mengatakan, DPRD Provinsi Kalsel beserta Pemerintah Provinsi Kalsel siap membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan PSBB di daerah masing-masing.

Suripno mengatakan, pihaknya juga mendengar jika Pemerintah Kota Banjarmasin masih belum mampu sepenuhnya memberikan bantuan kepada warga yang terdampak covid-19 di kota ini. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?