28 Juli 2021

Paman Birin Bagikan Cairan Disinfektan Alami

2 min read

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat memberikan Cairan disinfektan, Rabu (8/4).

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membagikan cairan disinfektan alami yang dibuat sendiri oleh Dinas Kehutanan bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, kepada Pemerintah di 13 Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan, bertempat di halaman Setdaprov, Rabu (8/4).

Pembagian cairan disinfektan alami, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, kepada perwakilan Bupati/Walikota ini, diawali dengan apel bersama, yang juga turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kalimantan Selatan, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Sahbirin Noor menyampaikan, disinfektan ini, untuk digunakan di seluruh Kabupaten/Kota dalam menangani wabah virus Corona atau Covid-19, karena lebih ramah lingkungan dibandingkan disinfektan berbahan kimia. Namun mampu membunuh virus.

“Ini untuk disemprot ke sejumlah tempat. Saya dapat info dari Sekda (Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel), bahan ini bisa mematikan virus,” ujarnya.

Dikatakan Sahbirin Noor, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam menangani wabah virus Corona.

“Saya sudah sampaikan, segala upaya kita kerahkan. Segala anggaran yang kita miliki Kita gunakan untuk mengahadapi virus ini dengan serius. Karena virus ini juga tidak main-main. Kalau kita lakukan dengan perjuangan disertai doa, badai virus Corona ini bisa segera berlalu,” ungkapnya.

Menurutnya, warga Kalsel mempunyai darah pejuang sejak dulu, yang di wariskan oleh pejuang Banjar Pangeran Antasari, dengan mottonya “haram manyarah, waja sampai kaputing”.

“Virus ini makhluk, kita juga makhluk, kita yakin bisa jadi pemenangnya,” tegasnya.

Tidak lupa Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengimbau kepada masyarakat, agar rajin cuci tangan dan jaga kebersihan, serta menjaga jarak dan menggunakan masker apabila memang harus keluar rumah.

Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Faisol Nurofiq menyampaikan, penyerahan pada hari ini merupakan simbolis saja sebanyak 60 liter. nantinya akan kembali di produksi sebanyak 30 liter per tungku, dan 40 tungku yang dimiliki, sehingga secara total akan dapat di hasilkan 1.200 liter perhari.

“Disinfektan akan didistribusikan secara terus-menerus ke Kabupaten/Kota, unit-unit vertikal yang mempunyai pasukan untuk bergerak dalam upaya melakukan bio security, karena atas arahan pak Gubernur meminta kita melalukan segala cara untuk menetralisir virus melakukan bio security dengan menggunakan disinfektan,” ujarnya.

Dikatakan Hanif, berdasarkan arahan Gubernur, pihaknya bersama BPBD dan instansi lain, nantinya akan melakukan penyemprotan secara massal di Kota Banjarmasin, karena kota tersebut sudah masuk dalam zona merah.

“Banjarmasin akan kita keroyok, karena hampir semua kecamatannya sudah terinfeksi virus, namun di Kabupaten dan Kota lain juga akan bergerak,” terangnya.

Bahan cangkang sawit ini dijelaskan Hanif, dihimpun oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan, mengumpulkan dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) di Kalsel, dan dipastikan ramah lingkungan.

“Ini tidak bahaya bahkan kalau terminum, karena lazim digunakan untuk pengawet makanan, biasanya juga digunakan untuk pembeku karet, sehingga membuat kualitas karet lebih baik,” jelasnya.

Hanif juga menjelaskan, penyemprotan akan dilakukan secara terus menerus, mengingat sifat virus yang tidak terlihat, sehingga tidak cukup sekali saja. (ASC/RDM/RHD)

8 thoughts on “Paman Birin Bagikan Cairan Disinfektan Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?