16 Oktober 2021

DPRD Kalsel Harapkan Ada Perpanjangan Waktu Tahapan Pilkada 2020

1 min read

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias.

BANJARMASIN – Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan berharap ada perpanjangan waktu terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Harapan itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Noorlias kepada wartawan.

Ia mengungkapkan, pihaknya melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk mengetahui persiapan Pilkada 2020 pada 19 – 21 Maret 2020. Dari hasil kunjungan tersebut, Rachmah menilai KPU Kabupaten Tambu sudah siap melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada tersebut. Namun berkenaan dengan wabah virus corona yang semakin meluas, menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut ada sebagian tahapan Pilkada 2020 yang tertunda hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

“Tahapan yang tertunda itu seperti pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan hingga rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta pencocokan dan penelitian (coklit). Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap tahapan-tahapan lainnya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Rachmah berharap agar ada perpanjangan waktu untuk pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada 2020. Mengingat penundaan tahapan tersebut berkaitan dengan bencana wabah virus covid 19 yang melanda seluruh dunia.

Dalam pertemuan itu, Rachmah juga mengingatkan agar Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilakukan seakurat mungkin pada Pilkada 2020.

“Jangan sampai data orang yang sudah meninggal tetapi masih masuk dalam DPT atau pemilih pemula yang pada saat pencoblosan umurnya 17 tahun tidak masuk dalam DPT,” katanya.

Dengan DPT yang akurat, menurut Rachmah hal itu bertujuan agar para pemilih bisa turut serta berpartisipasi dan tidak kehilangan hak pilihnya dalam Pilkada 2020. Selain itu, jumlah DPT berkaitan dengan persentase pemilih. Sehingga ia meminta KPU agar memperhatikan dan memutakhirkan kembali data DPT untuk Pilkada tersebut. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?