16 Oktober 2021

Usia Masuk SD Disarankan 7 Tahun

1 min read

Psikolog RSUD Ulin Banjarmasin, Gusti Noor Ermawati.

BANJARMASIN – Usia masuk Sekolah Dasar (SD) sampai saat ini, masih membingungkan bagi orangtua. Mengingat, ada yang berpendapat usia masuk Sekolah Dasar seorang anak adalah 7 tahun, ada juga yang berpendapat dibawah usia 7 tahun diperbolehkan. Sedangkan, jika dilihat dari sisi psikologi seorang anak untuk dikatakan sudah mampu duduk dibangku sekolah dasar, adalah pada usia 7 tahun.

Hal ini disampaikan Kepala Psikologi RSUD Ulin Banjarmasin Gusti Noor Ermawati, kepada Abdi Persada FM.

“Usia anak secara psikologi dianggap sudah mampu masuk sekolah dasar, yakni, berusia 7 tahun,” ungkap Gusti.

Menurut Gusti, pada usia 7 tahun tersebut seorang anak dianggap sudah mampu secara matang, untuk memasuki bangku sekolah dasar.

“Di Pulau Jawa usia masuk sekolah dasar sejak beberapa tahun lalu sudah ditetapkan berusia 7 tahun. Dibawah usia 7 tahun tidak diterima,” ucap Gusti.

Ditambahkan Gusti, berbeda dengan di Pulau Jawa, di Provinsi Kalimantan Selatan, usia masuk sekolah dasar masih ada dibawah usia 7 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Gusti juga meminta kepada orangtua untuk tidak memaksakan kemampuan anak usia dini belajar berhitung dan membaca.

Gusti mengatakan, saat ini banyak orangtua yang memaksakan anak balita mereka, untuk bisa membaca dan menulis.

Menurut Gusti, tindakkan tersebut sebenarnya tidak dibenarkan. Mengingat, usia balita anak seharusnya bermain mengembangkan dirinya sendiri.

“Sedangkan, usia anak diajarkan membaca dan menulis pada usia 6 tahun, pada usia tersebut, seorang anak sudah mampu untuk menerima pelajaran membaca dan menulis,” pungkas Gusti. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?