28 Oktober 2021

Berikan Pemahaman Tentang Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Bawaslu Banjarbaru Gelar Sosialisasi

1 min read

Suasana sosialisasi penyelesaian sengketa pemilihan yang digelar Bawaslu kota Banjarbaru, (18/3/2020).

BANJARBARU – Bawaslu kota Banjarbaru menggelar sosialisasi tentang penyelesaian sengketa pemilihan tahun 2020 bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, Rabu (18/3).

Acara yang diikuti sebanyak 40 peserta dari berbagai kalangan seperti parpol,  perwakilan calon independen, KPU Banjarbaru, Bakesbagpol  Banjarbaru  serta media massa ini dibuka langsung oleh ketua Bawaslu kota Banjarbaru Dahtiar.

Usai membuka acara, kepada sejumlah wartawan Dahtiar menyampaikan, kegiatan ini dimaksudnya untuk mensosialisasikan kepada para peserta yang hadir terkait proses penyelesaian sengketa pemilihan.

“Misalnya partai politik yang mungkin nantinya menjadi pengusung dari para calon walikota dan wakil walikota Banjarbaru. Atau juga bagi mereka sebagai calon perseorangan. Semuanya kita undang, agar mengerti dan memahami bagaimana mekanisme prosedur beracara terkait dengan proses sengketa,” jelasnya.

Meski diakui Dahtiar, tingkat kerawanan terjadinya sengketa di kota Banjarbaru tidak masuk kategori tinggi.

Acara sosialisasi ini mendatangkan 4 orang pembicara. Mereka adalah; Koordiv. Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Provinsi Kalsel Aries Mardiono yang menjelaskan materi tentang kewenangan penyelenggaraan pemilu dalam penyelesaian sengketa antara peserta pemilihan dengan penyelenggara pemilihan, Hakim PTUN Banjarmasin Febby Fajrurrahman menyampaikan tentang kewenangan peradilan tata usaha negara dalam menerima dan memutus sengketa proses pemilihan kepala daerah. Hadir pula dari kalangan Akademisi Dr Ichsan Anwary yang memaparkan tentang penyelesaian sengketa proses pemilihan dalam perspektif tata negara, serta Koordiv. Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah yang menjelaskan kepada seluruh peserta tentang perspektif KPU sebagai termohon terhadap penyelesaian sengketa proses pemilihan dan sistem informasi penyelesaian sengketa (SIPS). (RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?