20 Oktober 2021

Dispersip Kalsel Gelar Rakor Pengawasan Internal

1 min read

Rakor Pengawasan Internal Kearsipan, Dispersip Kalsel, Senin (16/3), di salah satu hotel di Banjarbaru.

BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi kalimantan selatan, menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2020, bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, Senin (16/3).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Nurliani ini, diikuti sebanyak 60 orang, yang terdiri dari pegawai di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta instansi lainnya di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Nurliani dalam sambutannya menyampaikan, arti pentingnya arsip, yang merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Arsip juga dikatakan Nurliani, merupakan catatan yang dibuat dan di terima olehlembaga negara atau pemerintahan daerah, lembaga pendidikan perusahaan organisasi politik organisasi kemasyarakatan dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan bernegara.

“Dalam amanat undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, menegaskan bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang otentik, dan terpercaya,” ujarnya.

Ditambahkan Nurliani, untuk menjamin penyelenggaraan kearsipan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka perlu dilaksanakan kegiatan pengawasan.

“Pengawasan kearsipan terbagi menjadi dua yaitu pengawasan eksternal dan internal,” terangnya.

Sehingga menurut Nurliani, Rapat Koordinasi yang dilaksanakan merupakan hal yang sangat penting, mengingat pihaknya selaku lembaga kearsipan daerah Provinsi Kalimantan Selatan, akan melaksanakan pengawasan audit internal terhadap SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?