16 Oktober 2021

Kalsel Masuk Tingkat Kerawanan Tinggi Untuk Pilkada

1 min read

Paman Birin saat membuka Rakor Sosialisasi Indeks Kerawanan Pilkada.

BANJARMASIN – Pada tahun 2020 ini, Provinsi Kalimantan Selatan termasuk salah satu daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, untuk Gubernur, Walikota, serta Bupati. Karena itulah, Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Sosialisasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020, di salah satu hotel berbintang di Kota Banjarmasin, Rabu (11/3).

Sosialisasi ini dibuka langsung Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyampaikan, rapat koordinasi ini memang perlu dilakukan. Karena, Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan hajatan besar. Yakni, Pemilihan Kepada Daerah, Gubernur, Walikota, serta Bupati.

Oleh karena itu, lanjut Paman Birin, diperlukan persiapan yang matang agar pada saat pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan lancar dan sukses. Serta menyenangkan bagi masyarakat di Kalimantan Selatan.

Paman Birin berharap, seluruh warga di Provinsi Kalimantan Selatan dapat menyambut gembira pesta demokrasi Pilkada 2020 mendatang.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan Erna Kasypiah mengatakan, untuk tingkat kerawanan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Selatan berada pada urutan ke 7 dari 9 Provinsi yang melaksanakan di tahun 2020 ini.

“Sedangkan, seluruh 9 Provinsi tersebut, masuk ke dalam kategori level 5 dan 6 atau berada pada tingkat kerawanan tinggi,” ungkapnya.

Erna mengatakan, dengan level tersebut maka pihaknya akan melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan. Untuk meminimkan kecurangan yang bisa terjadi.

“Diharapkan, dengan melibatkan masyarakat turutserta langsung mengawasi jalannya Pilkada, maka terjadinya kekurangan dapat diminimkan,” ucap Erna.

9 Provinsi tersebut, yakni, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, serta Sulawesi Tengah. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?