25 Oktober 2021

Stok Masker Aman, Masyarakat Tidak Perlu Panik

2 min read

Himbauan Kemenkes RI soal penggunaan masker.

BANJARMASIN – Masker kini menjadi barang langka di Kalimantan Selatan, bahkan di Indonesia. Jikapun ada, harganya meroket hingga tembus angka 900 ribu rupiah per kotak. Bahkan saking langkanya masker, salah satu tempat belanja online menjadikan masker sebagai salah satu bonus pembelian produk, untuk menarik minat pembeli.

Di Banjarmasin, kelangkaan masker sudah terjadi sejak 3 bulan terakhir, tepatnya setelah info virus Corona tersebar luas melalui pemberitaan. Dan kini masker menjadi barang paling dicari, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan, bahwa ada 2 kasus Corona positif di Indonesia. Namun apa daya, di tingkat masyarakat, keberadaan masker bak hilang di telan bumi. Lalu bagaimana stok atau ketersediaan masker untuk kebutuhan kesehatan?

Ditemui wartawan usai membuka Rakornas tahun 2020 di Banjarmasin, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kementrian Kesehatan RI Maura Linda Sitanggang meyakinkan, bahwa stok masker sudah diamankan.

“Kita dengar langsung tadi pagi ya dari pak Presiden, bahwa sampai saat ini ketersediaan logistik masih bisa kita amankan. Dan juga sesuai himbauan WHO, penggunaan masker adalah untuk orang yang sedang sakit, atau masih dalam masa penyembuhan. Sedangkan bagi yang sehat, tidak begitu diperlukan,” urainya.

Hal senada disampaikan pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan Muhammad Muslim, yang meyakinkan bahwa stok masker untuk Provinsi ini aman.

“Insya Allah aman untuk kebutuhan program, dalam hal ini sesuai kebutuhan. Saat ini mungkin masyarakat terlalu khawatir, hingga membeli secara berlebihan. Makanya kita hindari itu. Dan kita sampaikan kepada masyarakat, dalam upaya mencegah Corona ini, yang diutamakan adalah menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh kita tingkatkan, kemudian cuci tangan pakai sabun sesering mungkin,” papar Muslim.

Lebih lanjut Muslim menegaskan, masker dibutuhkan oleh orang yang sakit supaya tidak menularkan. Jikapun diperlukan oleh orang yang sehat,¬† tentunya karena ada alasan tertentu seperti sering berada di tempat-tempat yang sifatnya umum, serta merawat orang sakit¬† “Yang penting jaga kesehatan, karena serangan virus ini bisa terjadi, kalau daya tahan tubuh kita memang kurang. Jika sakit, datang ke pusat layanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Termasuk mendapatkan obat, dan masker jika memang diperlukan,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?